kumparan
6 Juni 2019 18:40

Lewat Merlion Cup, Timnas U-23 Jajal Calon Lawan di SEA Games 2019

Piala Asia U-23, Timnas U-23 Indonesia, Indonesia vs Brunei Darussalam, Stadion My Dinh
Tim nasional U-23 Indonesia berfoto bersama menjelang pertandingan sepak bola Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam. Foto: Antara/R. Rekotomo
Merlion Cup 2019 menjadi agenda Timnas U-23 Indonesia berikutnya. Turut hadir tiga raksasa Asia Tenggara di turnamen ini, di antaranya Thailand, Filipina, serta Singapura.
ADVERTISEMENT
Menurut jadwal, Timnas U-23 bakal menghadapi Thailand terlebih dahulu di Stadion Jalan Besar, Singapura, Jumat (7/6/2019). Kalau menang, pasukan Indra Sjafri tinggal menunggu pemenang duel Singapura vs Filipina untuk lawan di final.
Untuk menyiapkan diri, Timnas U-23 telah menjalani pemusatan latihan dari 28 Mei sampai 2 Juni. Total 26 pemain turut serta dalam persiapan yang berlangsung di Yogyakarta, termasuk uji tanding menghadapi PSIM Yogyakarta.
Timnas U-23 melawan PSIM Yogyakarta
Pemain timnas Indonesia U-23 Gian Zola Nasrulloh (tengah) mencoba melewati sejumlah pemain PSIM Yogyakarta saat pertandingan uji coba di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (2/6). Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Bukan tanpa sebab Indra menyiapkan tim secara serius, bahkan keberangkatan rombongan ke Singapura berlangsung di Hari Idulfitri. Bagi sang juru taktik, Merlion Cup tak cuma sekadar pemanasan, tetapi juga ajang untuk mengukur kekuatan menjelang SEA Games 2019 pada November mendatang.
"Pertemuan dengan Thailand menjadi persiapan yang bagus, ya, karena ada peluang bagi kami untuk kembali bertemu mereka lagi di SEA Games. Kami juga ingin membuat fans kembali percaya kepada tim kami. Semoga di laga melawan Thailand semua pemain tampil baik," kata Indra dalam sesi jumpa pers sebelum laga.
ADVERTISEMENT
Ya, Timnas U-23 memang berpotensi kembali berduel dengan Thailand pada ajang SEA Games. Duel serupa sempat terselenggara saat kedua tim mencapai semifinal SEA Games edisi 2017 silam.
Adapun untuk tahun ini, Timnas U-23 bakal menjalani duel ketiga kontra Thailand di Merlion Cup. Duel pertama di final Piala AFF U-22 sempat berujung kemenangan 2-1 untuk 'Garuda Muda', kemudian Thailand membalas dengan skor 4-0 di Kualifikasi Piala Asia U-23.
Piala Asia U-23, Indonesia vs Thailand, Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri, Stadion My Dinh, Hanoi
Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri, pada konferensi pers usai pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-23 Indonesia vs Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Setelah kekalahan terakhir, Indra sedikit memodifikasi skuatnya. Untuk tampil di ajang kali ini, nama-nama macam Egy Maulana Vikri dan Firzha Andika yang tengah mentas di Eropa, tak menerima panggilan. Eks juru taktik Bali United itu coba memanggil sejumlah nama baru seperti gelandang Hambali Tolib serta penyerang Septian Satria Bagaskara.
ADVERTISEMENT
''Kami mengubah komposisi tim dari turnamen sebelumnya, cukup banyak, lebih dari setengah. Karena kami masih punya banyak waktu untuk menguji pemain baru. Kami berharap September mendatang bisa mendapatkan nama semua pemain," tutur pelatih asal Sumatera Barat ini.
"Kami juga tidak bisa membawa pemain yang berkarier di Eropa. Sehingga kami mencoba memberikan kesempatan kepada pemain baru. Semoga kami melakukan pekerjaan dengan baik dan membuat tim yang lebih siap," kata Indra.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan