kumparan
search-gray
Bola & Sports15 Maret 2020 20:26

Liga 1: Duet Castillion-Wander Luiz Bantu Persib Kalahkan PSS

Konten Redaksi kumparan
Liga 1: Duet Castillion-Wander Luiz Bantu Persib Kalahkan PSS (1244041)
Pemain Persib di tengah pertandingan. Foto: Dok. Media Persib
Persib Bandung melalui pekan ketiga Liga 1 2020 dengan gemilang. Menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Minggu (15/3) malam WIB, tim beralias 'Pangeran Biru' itu menang dengan skor 2-1.
ADVERTISEMENT
Gol-gol kemenangan Persib dicatatkan atas nama Geoffrey Castillion (20') dan Wander Luiz (36'). Sementara PSS, mencetak gol melalui Aaron Evans (2').
Atas hasil ini, Persib kembali ke puncak klasemen sementara dengan mengantongi sembilan poin. Di satu sisi PSS turun ke zona merah, tepatnya di peringkat ke-16, dengan satu poin.
***
Persib asuhan Robert Rene Alberts turun dengan pakem 4-4-2. Terkait daftar susunan pemain, hanya ada satu perubahan nama yang dilakukan Alberts yakni mengganti penjaga gawang Teja Paku Alam dengan Made Wirawan.
Teja, mengalami cedera sesaat sebelum laga dimulai atau tepatnya saat pemanasan. Sementara sisanya, nama-nama pemain Persib yang di dua laga awal menjadi tumpuan, tetap diturunkan.
PSS yang diarsiteki Dejan Antonic merespons dengan wadah 4-3-3. Dejan juga setali tiga uang dengan Alberts karena tak banyak mengotak atik daftar susunan pemain.
ADVERTISEMENT
Trio lini depan tetap dipercayakan pada Irfan Bachdim, Zah Rahan Krangar dan Yevhen Bokhashvili. Di lini tengah, Irkham Zahrul Mila, Guilherme Batata serta Wahyu Sukarta menjadi penyuplai bola bagi pemain depan.
PSS secara mengejutkan sukses membikin suasana di SJH mendadak hening di menit kedua. Persoalan ini bermula lantaran Evans sukses mengonversi umpan bola mati kiriman Bokhashvili.
Gol tersebut nyatanya menjadi satu-satunya peluang yang dimiliki PSS. Dan, setelahnya, Persib yang secara masif memberikan tekanan hingga berujung dua gol.
Gol pertama bermula dari serangan balik yang digagas oleh Wander Luis. Pemain asal Brasil ini memberikan umpan terobosan pada Castillion. Oleh pemilik nama terakhir, bola ditempatkan ke tiang jauh tanpa mampu dijangkau oleh Ega Rizky, penjaga gawang PSS.
ADVERTISEMENT
Well, sebelum gol penyeimbang tercipta, Ega sempat melakukan dua kali penyelamatan penting. Dua upaya Febri Hariyadi ditepis menggunakan satu tangan.
Setelah skor imbang 1-1, Persib memaksa PSS bertahan total. Cela mereka untuk merespons hanya satu yakni melakukan serangan balik. Tapi upaya PSS mesti minim terjadi karena Persib menyerang lewat penguasaan bola.
Nah, lewat penguasaan bola pula, Persib menambah gol mereka pada menit ke-36. Bermula dari umpan silang Supardi Nasir, bola kirimannya disundul oleh Wander Luiz menjadi gol. Skor 2-1 Persib berbalik.
Selepas babak pertama usai, Persib memulai 45 menit kedua dengan mengedepankan penguasaan bola. Akan tetapi, PSS nyatanya memberikan respons yang cukup membikin Persib kesulitan menembus pertahanan mereka.
ADVERTISEMENT
Ya, di awal babak kedua, PSS berani menerapkan man to man marking dengan mengunci ruang gerak Vizcarra, Castillion, dan Wander Luiz. Alhasil, Omid Nazari dan Kim Kurniawan sempat kesulitan mendistribusikan bola pada juru gedor Persib tersebut.
Selain itu, PSS juga memilih tepi sayap untuk memberikan tekanan melalui kecepatan Milla dan Bachdim. Akan tetapi, rapatnya barisan Persib membikin kans mereka mentah sebelum sampai ke gawang Made.
Liga 1: Duet Castillion-Wander Luiz Bantu Persib Kalahkan PSS (1244042)
Penyerang Persib, Geoffrey Castillion (tengah), melakukan selebrasi usai menjebol gawang PSS Sleman. Foto: Dok:.Persib
Tak ingin situasi tertekan terus berlanjut, Persib melakukan pergantian pemain dengan menarik Kim Kurniawan dan memasukkan Dedi Kusnandar. Opsi hadirnya Dedi membikin Omid lebih leluasa ke depan membantu serangan.
Meski demikian, Persib tak serta merta bisa menambah keunggulan mereka. Persoalan mereka hingga menit ke-80 adalah minim kreasi dari lini tengah. Satu-satunya cara yang ditempuh adalah umpan sayap kanan melalui Frets Butuan yang masuk menggantikan Febri 10 menit sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Jelang laga rampung, PSS tak lagi memikirkan sektor pertahahan. Elang Jawa, kemudian menekan secara terus menerus dan nyaris menyamakan kedudukan melalui sepakan bola mati Batata. Akan tetapi, sial bagi PSS sepakannya masih menyamping di mistar Made.
Skor 2-1 tetap tak berubah hingga laga rampung. Persib yang unggul di babak pertama mengunci laga dengan kemenagan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white