kumparan
22 Feb 2019 4:58 WIB

Liga Europa: Inter dan Chelsea Pastikan Kelolosan dengan Pesta Gol

Perayaan gol Andrea Ranocchia oleh pemain-pemain Inter. Foto: Reuters/Daniele Mascolo
Tanpa susah payah, Internazionale berhasil melewati adangan wakil Austria, Rapid Wien, di babak 32 besar Liga Europa. Pada pertandingan leg II yang digelar di Stadio Giuseppe Meazza, Jumat (22/2/2019) dini hari WIB, Inter menang dengan skor 4-0. Unggul agregat 5-0, Inter pun berhak lolos ke babak 16 besar.
ADVERTISEMENT
Masih tanpa Mauro Icardi, Inter memulai pertandingan dengan agresif. Dengan tekanan intensitas tinggi itu Inter membuka keunggulan pada menit ke-11 melalui kaki Matias Vecino. Memanfaatkan bola liar hasil umpan silang yang disapu bek Rapid, Vecino mencetak gol ke gawang kosong dengan kaki kanannya.
Tujuh menit berselang, Inter menggandakan keunggulannya. Kali ini, giliran mantan kapten tim Andrea Ranocchia yang menggetarkan jala gawang Richard Strebinger. Berawal dari kemelut di depan kotak penalti tim tamu, Ranocchia melepaskan tembakan voli mendatar yang bersarang telak di pojok kiri bawah gawang Rapid.
Keunggulan dua gol itu tak membikin agresivitas Inter meredup. Para pemain Nerazzurri mampu menjaga tempo dan tak pernah membiarkan pemain-pemain Rapid berada terlalu dekat dengan gawang mereka. Serangan juga rutin mereka lancarkan di setiap kesempatan. Meski begitu, sampai babak pertama rampung, keunggulan dua gol itu belum bisa diperbesar oleh para pemain Inter.
ADVERTISEMENT
Usai rehat para pemain Inter sebenarnya masih terus berupaya mencetak gol tambahan. Namun, mereka harus menghadapi pemain-pemain Rapid yang tampil lebih spartan. Inter pun baru bisa menambah keunggulan pada menit ke-80. Pada sebuah serangan balik, Ivan Perisic menggiring bola sendirian ke kotak penalti Rapid, melewati kiper lawan, dan mencungkil bola masuk ke gawang.
Gol Perisic itu kemudian membuat para pemain Inter semakin percaya diri. Hasilnya, tiga menit jelang waktu normal berakhir mereka sukses mencetak gol keempat melalui pemain pengganti, Matteo Politano. Gol itu menjadi gol terakhir yang dicetak pada pertandingan ini.
Giroud, Barkley, dan Hudson-Odoi Menangkan Chelsea
Dari Stamford Bridge, tuan rumah Chelsea sempat mengalami kesulitan menghadapi ketatnya pertahanan Malmoe. Namun, pada akhirnya mereka sanggup memetik kemenangan besar 3-0 untuk memastikan kelolosan dengan agregat 5-1.
ADVERTISEMENT
Chelsea yang pada pertandingan kali ini menurunkan sejumlah pemain pelapis sebenarnya mampu mendominasi penguasaan bola di babak pertama. Akan tetapi, perpaduan penjagaan orang dan daerah yang dilakukan Malmoe membuat para pemain Chelsea kesulitan menghasilkan peluang berarti. Di sisi lain, Chelsea juga tampil tak imajinatif.
Hasilnya, sampai babak pertama kelar, Chelsea tak bisa mencetak gol. Para pemain pun masuk ruang ganti dengan diiringi cemoohan para suporternya sendiri.
Babak pertama yang menjemukan itu, untungnya, tak terulang. Pada babak kedua Chelsea tampil lebih hidup. Mereka lebih 'vertikal' dalam bermain dan akhirnya berhasil mencetak gol lewat sebuah serangan balik pada menit ke-55. N'Golo Kante memimpin serangan balik lewat aksi individual yang dia lakukan sebelum mengirim bola pada Willian. Oleh Willian, bola disodorkan pada Olivier Giroud dan terciptalah gol pertama Chelsea.
ADVERTISEMENT
Olivier Giroud merayakan gol bersama Willian. Foto: Reuters/Tony O'Brien
Agresivitas pemain-pemain Chelsea dalam melakukan gerakan vertikal itu kembali berbuah hasil pada menit ke-74. Emerson Palmieri yang melakukan dribel dilanaggar persis di depan kotak penalti. Pemain Malmoe yang melanggar Emerson, Rasmus Bengtsson, dikartu merah wasit. Setelah itu, Ross Barkley yang jadi eksekutor sukses menceploskan bola ke dalam gawang.
Kucuran gol Chelsea semakin deras saja setelah itu. Pada menit ke-84 Callum Hudson-Odoi sukses mencetak gol lewat sepakan mendatar ke tiang jauh yang tak bisa digapai kiper Malmoe. Dengan lahirnya gol tersebut, kemenangan dan kelolosan Chelsea ini pun semakin mantap saja.
Berikut hasil lengkap pertandingan kedua leg II babak 32 besar Liga Europa
Genk 1 - 4 Slavia Praha (Agregat: 1-4)
ADVERTISEMENT
Internazionale 4 - 0 Rapid Wien (Agregat: 5-0)
Bayer Leverkusen 1 - 1 FC Krasnodar (Agregat: 1-1, Krasnodar lolos lewat aturan gol tandang)
Benfica 0 - 0 Galatasaray (Agregat: 2-1)
Real Betis 1 - 3 Stade Rennais (Agregat: 4-6)
Chelsea 3 - 0 Malmö (Agregat: 5-1)
Dynamo Kyiv 1 - 0 Olympiacos (Agregat 3-2)
Keterangan: Tim yang ditulis tebal lolos ke babak 16 besar
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan