kumparan
search-gray
Bola & Sports1 Mei 2020 16:00

Liga Portugal Diizinkan Kembali Bergulir pada 30 Mei

Konten Redaksi kumparan
Liga Portugal Diizinkan Kembali Bergulir pada 30 Mei (419115)
Pertandingan antara Porto dan Rio Ave di Liga Portugal 2019/2020. Foto: MIGUEL RIOPA / AFP
Liga Portugal tampaknya bakal menjadi salah satu dari liga di Eropa yang kembali meneruskan kompetisi musim 2019/20. Pemerintah Portugal telah mengizinkan operator Liga Portugal untuk kembali bergulir pada 30 Mei 2020.
ADVERTISEMENT
Keputusan tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa, pada Jumat (1/5/2020) siang WIB. Costa juga memaparkan rencana pemerintah Portugal untuk menurunkan intensitas lockdown.
Yang perlu diketahui, pemerintah Portugal hanya memberikan lampu hijau kepada divisi utama Liga Portugal, Primeira Liga, untuk meneruskan kompetisi.
Selain itu, mereka menegaskan bahwa Primeira Liga harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Kalaupun sudah diizinkan oleh Kementerian Kesehatan, semua laga tetap akan digelar secara tertutup.
Liga Portugal Diizinkan Kembali Bergulir pada 30 Mei (419116)
Pertandingan antara Porto dan Benfica di Liga Portugal 2019/2020. Foto: MIGUEL RIOPA / AFP
Liga Portugal 2019/20 ditangguhkan pada 12 Maret lalu akibat--tentu saja--pandemi virus corona. Mengutip Reuters pada 1 Mei, total kasus virus corona di Portugal mencapai 25.045.
Namun, pemerintah Portugal tampaknya terpaksa menurunkan intensitas lockdown akibat melejitnya tingkat pengangguran.
ADVERTISEMENT
Menurut catatan Reuters, jumlah pengangguran di Portugal mencapai 380.832 jiwa. Jika dirasiokan, satu dari lima pekerja di Portugal kehilangan pekerjaan setelah pandemi ini.
Keputusan untuk menggelar kembali Primeira Liga akan membuka banyak lapangan pekerjaan. Tak hanya yang berkenaan langsung dengan pertandingan, tetapi juga yang di luar stadion.
Primeira Liga 2019/20 masih sengit. Ini ditandai dengan belum selesainya perebutan gelar dan jatah tiket kompetisi Eropa yang bakal berlangsung di sisa 10 pekan ini.
FC Porto saat ini berada di puncak klasemen. Mereka hanya unggul satu poin atas rival utama mereka yang menjadi runner up, Benfica.
Perebutan tiket kualifikasi Liga Europa juga masih seru. SC Braga dan Sporting CP masing-masing berada di posisi tiga dan empat dengan 46 dan 42 poin.
ADVERTISEMENT
Namun, Rio Ave, Vitoria Guimares, dan Famalicao yang masing-masing mengemas 38, 37, dan 37 poin tentu masih punya peluang untuk mengejar Braga dan Sporting.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white