kumparan
12 September 2019 7:21

Liverpool Belum Bisa Pastikan Kapan Alisson Comeback

Alisson Becker
Alisson Becker melakukan pemanasan. Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne
Para pendukung Liverpool sepertinya harus menunggu lebih lama untuk melihat Alisson Becker kembali merumput. Kubu The Reds tak ingin memaksakan kiper asal Brasil tersebut berlaga dalam kondisi yang tidak fit 100%.
ADVERTISEMENT
Alisson masih menjalani pemulihan akibat cedera betis yang didapatkannya pada pekan pertama Premier League 2019/20 melawan Norwich City. Ironisnya, cedera ini didapat ketika ia terpeleset saat melakukan tendangan gawang.
Efeknya tak tanggung-tanggung. Alisson tak dapat melanjutkan pertandingan sehingga mesti digantikan oleh rekrutan terbaru, Adrian San Miguel. Tempat Alisson sudah diambil alih oleh Adrian hingga pekan keempat melawan Burnley.
Itu artinya Alisson sudah menjalani rehabilitasi selama sebulan. Laporan teranyar yang dikeluarkan Liverpool, kondisi mantan pemain AS Roma ini membaik dan sudah bisa berlatih di lapangan.
Pelatih kiper Liverpool, John Achterberg, puas dengan progres sang pemain. Namun, klub tidak ingin mengambil risiko. Prinsipnya tetap sama: Pulih 100%, lalu bermain.
ADVERTISEMENT
"Alisson berlatih dengan Dave Rydings di gym untuk mengembalikan kekuatan dan kebugarannya. Dalam beberapa hari terakhir ia sudah kembali ke lapangan, melatih footwork dan sentuhan bola," kata Achterberg, dikutip dari laman resmi Liverpool.
"Progresnya cukup bagus, tapi sulit untuk memperkirakan berapa lama proses ini berlangsung. Kami butuh waktu dan tidak bisa memprediksi. Jadi, kami akan melihat kondisi dari hari ke hari secara bertahap," jelasnya.
Adrian, kiper Liverpool
Ekspresi Adrian setelah melakukan blunder di laga lawan Southampton Foto: Reuters/John Sibley
Dengan demikian, besar kemungkinan Adrian bakal kembali menjaga gawang Liverpool saat menghadapi Newcastle United di pekan kelima, Sabtu (14/9) malam WIB.
Jika Alisson tak kunjung mendapat lampu hijau, Adrian akan mentas pada matchday pertama Liga Champions 2019/20 melawan Napoli, Rabu (18/9).
Achterberg optimistis Adrian akan mampu menjawab tantangan sebagai deputi Alisson. Ini dibuktikan dengan catatan WhoScored yang merangkum bahwa Adrian melakukan rata-rata dua penyelamatan per laga Premier League.
ADVERTISEMENT
"Selalu ada ekspektasi besar bagi setiap pemain yang datang ke Liverpool. Namun, Adrian bisa mengatasinya dengan sangat baik. Dia tetap senang dan menunjukkan kepercayaan diri yang positif," pungkas Achterberg.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan