Bola & Sports
·
21 September 2020 14:18

Luis Milla Yakin Thiago Alcantara Akan Sukses di Liverpool

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Luis Milla Yakin Thiago Alcantara Akan Sukses di Liverpool (30042)
Luis Milla Aspas saat masih membesut Timnas Spanyol U-21. Foto: AFP/Jonathan Nackstrand
Luis Milla turut komentari perpindahan Thiago Alcantara ke Liverpool. Menurut mantan Pelatih Timnas Indonesia itu, Thiago akan cocok dengan gaya permainan Juergen Klopp.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana diketahui, Milla pernah menangani Timnas Spanyol untuk beberapa kelompok usia. Eks gelandang Real Madrid dan Barcelona itu merupakan salah satu sosok penting di balik lahirnya bintang-bintang kelas dunia dari 'Negeri Matador'.
Selain Thiago, nama-nama tenar seperti David de Gea, Ander Herrera, dan Juan Mata, juga merupakan produk hasil didikannya.
Milla tahu persis potensi yang dimiliki Thiago. Di tahun 2011, ia menunjuk Thiago untuk mengisi skuat Timnas Spanyol junior yang berlaga di Piala Eropa U-21. Kala itu, mereka sukses keluar sebagai jawara turnamen tersebut.
''Sejak awal sudah jelas bahwa ia adalah pemain berkualitas. Terlepas dari usianya, ia adalah pemain yang berbakat. Saya melihat langsung kemampuan yang ia miliki. Sejak itu, ia telah membuktikan kemampuannya kepada semua orang,'' kata Milla kepada Mirror.
Luis Milla Yakin Thiago Alcantara Akan Sukses di Liverpool (30043)
Thiago Alcantara Resmi Jadi Milik Liverpool. Foto: dok. Liverpool
''Ketika ia bergabung dengan Timnas U-21, ia merupakan pemain paling muda di sana. Namun, itu benar-benar bukan masalah. Dia selalu ingin tahu dan begitulah cara ia bermain.''
ADVERTISEMENT
''Secara teknis, dia memang pemain yang luar biasa. Dia mengerti apa yang dibutuhkan di lapangan; intensitas, dan ritme pertandingan. Senang melihat dia terus berkembang,'' dirinya menambahkan.
Lebih lanjut, Milla juga menyebut bahwa keputusan Liverpool meminang Thiago terbilang tepat. Menurutnya, selain akan mampu beradaptasi dengan permainan cepat ala Liga Inggris, Thiago diyakini juga bakal nyetel dengan pola permainan Juergen Klopp.
''Liverpool dan Manajer klub sudah mengetahui kualitasnya. Dan tim itu sudah bergerak cepat,'' ucapnya.
Luis Milla Yakin Thiago Alcantara Akan Sukses di Liverpool (30044)
Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
''Liverpool bermain dengan kualitas yang luar biasa, baik secara fisik maupun mental. Mereka berusaha terus mendominasi pertandingan, saya kira Thiago akan cocok dengan filosofi itu,'' jelasnya.
''Liverpool berkembang pesat dan ingin memenangi segalanya. Proses transfer ini sangatlah masuk akal. Thiago adalah gelandang top dunia saat ini. Ia akan beradaptasi cepat dengan Premier League, saya yakin itu,'' jelasnya.
Sebagai Pelatih, jawara Piala Eropa U-21 tahun 2011 merupakan salah satu pencapaian tertinggi Luis Milla. Dengan pengalaman kelas dunia, di tahun 2017 Milla ditunjuk melatih Timnas Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sayang, target tinggi yang dibebankan kepadanya tak mampu ia penuhi. Milla akhirnya pamit dari sepak bola Indonesia, tak lama usai Timnas U-23 dianggap gagal di ajang Asian Games 2018.