kumparan
search-gray
Bola & Sports2 Juni 2020 22:33

Madura United Tetap Tolak Kompetisi Liga 1 2020 Dilanjutkan

Konten Redaksi kumparan
Madura United Tetap Tolak Kompetisi Liga 1 2020 Dilanjutkan (872790)
Penyerang Madura United, Alberto Goncalves. Foto: Dok. LIB
Masa depan Liga 1 2020 perlahan mulai menemukan titik terang. Muncul wacana jika kompetisi level tertinggi sepak bola Indonesia itu akan berlanjut pada September atau Oktober.
ADVERTISEMENT
Wacana ini menyeruak dalam pertemuan virtual antara PSSI dan klub Liga 1 yang digelar pada Selasa (2/6/2020). Selain soal waktu pelaksanaan kembali kompetisi, format kompetisi serta ditiadakannya sistem degradasi juga jadi wacana lain yang dibahas.
Akan tetapi, terlepas dari semua wacana yang ada, Madura United tetap pada sikap mereka untuk menolak kompetisi Liga 1 dilanjutkan. Hal itu diutarakan oleh Ziaul Haq, Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu.
"Jadi begini, kami tetap menolak lanjutan kompetisi Liga 1 2020, itu saja. Kalau bedanya, harus dipaksakan, ya, monggo, kami siap. Apa pun itu kami siap," ujar Ziaul saat diwawancarai pada Selasa (2/6).
Sikap Ziaul ini diamini oleh Direktur Tim Madura United, Haruna Soemitro. Menurutnya, Madura United kemungkinan besar tidak akan ikut kompetisi, meski Liga 1 kelak dilanjutkan. Kesehatan dan keselamatan jadi alasan Madura United mengambil sikap ini.
Madura United Tetap Tolak Kompetisi Liga 1 2020 Dilanjutkan (872791)
Para pemain dan tim pelatih Madura United. Foto: dok. Media Madura United
"Sekarang, kami utamakan masalah kesehatan dan keselamatan. Kita juga sudah minta masukan banyak pihak khususnya pemain mendukung penolakan ini karena risikonya masih tinggi," ujar Haruna.
ADVERTISEMENT
"Tetap yang utama siapa atau lembaga apa yang bisa memberikan jaminan bahwa September/Oktober itu COVID-19 sudah bisa terkendali?" tambahnya.
Madura United memang jadi tim yang menyuarakan agar kompetisi Liga 1 dihentikan. Pada pertemuan virtual antara PSSI, PT LIB, dan kontestan Liga 1 pekan lalu, mereka juga menyarankan agar liga dihentikan.
Namun, Haruna menyebut bahwa langkah yang diambil Madura United ke depannya akan disesuaikan dengan keputusan yang diambil PSSI. Rencananya, dalam waktu dekat PSSI akan menggelar rapat bersama Komite Eksekutif untuk menentukan nasib kompetisi.
"Kita akan fokus ke situ (langkah Madura United ke depannya) kalau PSSI sudah memutuskan status kompetisi 2020. Madura United sudah punya konsep, tetapi semua menunggu keputusan federasi," ungkap Haruna.
ADVERTISEMENT
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white