kumparan
18 Agu 2018 6:00 WIB

Manchester City Tanpa Kevin De Bruyne Selama Tiga Bulan ke Depan

Kevin De Bruyne. (Foto: Reuters/Carl Recine)
Manchester City meradang. Cedera lutut kanan yang dialami Kevin De Bruyne memaksanya menepi dalam waktu lama. Tak main-main, Pep Guardiola kudu kehilangan pemain berusia 27 tahun tersebut maksimal tiga bulan lamanya.
ADVERTISEMENT
"Seperti kata dokter, (cedera) itu akan memakan waktu dua sampai tiga bulan, semoga dia mampu sembuh dengan cepat dan segera kembali untuk membantu kami lagi," kata Guardiola sebagaimana dilansir ESPN.
Guardiola menuding kontribusi berlebih De Bruyne bersama Tim Nasional Belgia di Piala Dunia jadi musababnya. Roberto Martinez tercatat telah menurunkan De Bruyne selama 540 menit, atau enam pertandingan penuh. Hanya sekali mantan penggawa Wolfsburg itu absen pada turnamen yang dihelat di Rusia tersebut.
"Ini konsekuensi untuk para pemain --itu normal, mereka tidak beristirahat. Ini musim yang sulit, dengan waktu pemulihan yang singkat. Manusia memiliki batas dan kadang-kadang hal-hal ini terjadi."
Guardiola menambahkan bahwa kondisi pemainnya akan baik-baik saja andai mereka dalam keadaan fit pasca-turnamen dan ditambah durasi liburan yang cukup.
ADVERTISEMENT
"Saya tidak tahu bagaimana Anda bisa mempersiapkan (kemungkinan terburuk itu). Kami harus memainkan setiap pertandingan-pertandingan penting. Kami mencoba untuk menjaga mereka sebaik mungkin tetapi Anda tidak pernah tahu."
Kevin de Bruyne tampil ciamik. (Foto: Reuters/Hannah McKay)
Sayangnya, De Bruyne sama-sama dibutuhkan oleh City dan Belgia. Bersama The Red Devils, dia difungsikan sebagai jembatan distribusi dari ke lini depan --setali tiga uang dengan Axel Witsel. Bedanya De Bruyne diplot untuk lebih ofensif sebagai kreator peluang. Itulah sebabnya dia menjadi pemain yang paling intens mendulang peluang untuk Belgia dengan rata-rata 3,8 per laga.
Begitu juga dengan peran De Bruyne bersama City. Guardiola memasangnya sebagai motor serangan untuk mendistribusikan bola kepada trisula depan The Citizens. Total 16 assist jadi torehan terbanyak di Premier League, yang juga jadi bukti betapa vitalnya sosok De Bruyne bagi City.
ADVERTISEMENT
Beruntungnya, Guardiola masih memiliki stok gelandang kreatif untuk menyokong garda terdepan. Bernardo Silva yang ditunjuk sebagai gelandang serang di laga pembuka lawan Arsenal tampil ciamik lewat torehan satu golnya.
Pemain yang digaet dari AS Monaco itu kemungkinan bakal kembali diturunkan saat City menjamu Huddersfiled Town pada Premier League pekan kedua, Minggu (19/8/2018). Kabar baiknya, David Silva yang absen sejak Community Shield juga telah kembali berlatih dan berpeluang tampil di Etihad Stadium besok.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan