kumparan
Bola & Sports23 Mei 2020 10:27

Manchester United Tuntut Perusahaan Pengembang Gim 'Football Manager'

Konten Redaksi kumparan
FC Astana vs Manchester United
Ole gunnar Solskjaer bersama para pemain muda Manchester United. Foto: REUTERS/Pavel Mikheyev
Kabar yang berembus dari Old Trafford bukan hanya utang bersih Manchester United yang bertambah menjadi 429,1 juta poundsterling, tetapi juga tuntutan hukum kepada Sega Publishing dan Sports Interactive (SI). Yep, Sega dan SI adalah dua perusahaan yang bekerja di balik gim 'Football Manager'.
ADVERTISEMENT
United menyatakan bahwa dalam gim tersebut, Sega dan SI menampilkan nama resmi klub. Masalahnya, logo United yang ada dalam FM bukan logo asli klub, melainkan perisai berwarna merah dan putih alias rekaan Sega dan SI.
FM 2020
Football Manager 2020 gratis. Foto: Sayid Mulki Razqa/kumparan
Penggunaan nama klub yang tidak berbarengan dengan logo yang sama inilah yang menjadi pangkal tuntutan United. Setan Merah menganggap Sega dan SI melanggar hak cipta.
United menyoroti penggunaan data tambahan dalam gim yang memungkinkan untuk menggunakan logo asli klub. Kubu United berpendapat, tindakan itu memungkinkan Sega dan SI untuk menikmati keuntungan penjualan gim tanpa membayar lisensi.
Sega dan SI merespons pernyataan United. Mereka mengatakan bahwa mereka menggunakan referensi yang sah saat memakai nama United.
ADVERTISEMENT
Lagi pula, United sama sekali tidak mempermasalahkan hal ini walau nama mereka sudah dipakai sejak 1992 dalam gim FM versi lama yang bernama Championship Manager.
"Penggugat (Manchester United) telah menyetujui penggunaan nama tim sepak bola Manchester United dalam gim Football Manager sehingga sekarang tidak dapat mengeluh atas penggunaan tersebut," papar pengacara Sega dan SI, Roger Wyand, dilansir Goal.
“Salinan permainan juga telah dikirim oleh SI ke sejumlah pejabat dan pemain di [klub] selama beberapa tahun. Mereka juga sudah memberikan komentar positif lewat rilis resmi dan tweet tentang gim ini."
"Lebih jauh, staf penggugat yang bekerja dalam tim analisis data dan kepanduan telah menghubungi SI pada berbagai kesempatan dan meminta akses ke basis data Football Manager demi tujuan kepanduan dan penelitian," tutur Wyand.
ADVERTISEMENT
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 jersi original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.