kumparan
19 Juni 2018 3:54

Martinez Berharap Belgia Terus Impresif di Rusia

Belgia vs Panama. (Foto: REUTERS/Max Rossi)
Belgia mengawali Piala Dunia 2018 dengan gemilang. Menghadapi Panama dalam laga pembuka grup G, Red Devils menang dengan skor telak 3-0.
ADVERTISEMENT
Sang pelatih, Roberto Martinez, menurunkan pemain-pemain terbaiknya di laga ini. Pola 3-4-2-1 menjadi pilihan dengan Eden Hazard dan Dries Mertens berdiri mendukung Romelu Lukaku sebagai penyerang tunggal.
Unggul teknik dan pengalaman tak membuat semuanya mudah bagi Belgia. Panama mampu membuat Belgia kesulitan di babak pertama. Tercatat, Belgia hanya membuat tiga peluang emas. Salah satunya berkat kerja keras Eden Hazard yang menerobos lini belakang Panama seorang diri, tapi tendangannya masih bisa dihalau oleh penjaga gawang Panama, Jaime Penedo.
Buntunya Belgia tak terjadi di babak kedua. Gol cepat dari Mertens di awal babak kedua membuat semuanya mudah untuk Belgia. Hal tersebut diakui oleh sang pelatih usai pertandingan.
"Gol dari Mertens sangat melegakan. Saya merasa pada titik itu kami lebih baik lagi. Kami juga memegang kendali usai gol terjadi. Tidak ada permainan yang mudah. Saya sedikit cemas, tetapi saya senang dengan cara kami bertahan," ujar Martinez dilansir Reuters.
ADVERTISEMENT
Usai gol yang diciptakan oleh Mertens, Belgia terus menerus menggempur pertahanan Panama. Hasilnya, dua gol tambahan tercipta melalui Romelu Lukaku di menit ke-69 dan 75.
Secara keseluruhan, Belgia memang tampil menguasai pertandingan. Tercatat 61% penguasaan bola dikendalikan oleh Belgia. Tim yang dikapteni oleh Hazard ini juga melakukan 13 upaya mencetak gol dengan enam yang mengarah ke gawang.
"Kami menunjukkan kedewasaan, menunjukkan ketenangan dan ini bukti kami memiliki kebersamaan," tutur Martinez.
Selebrasi Dries Mertens. (Foto: REUTERS/Francois Lenoir)
"Saya sangat senang dengan komitmen dari setiap pemain. Kami harus terus berkembang. Kami tampil baik di babak kedua dan ini harus kami bawa di pertandingan selanjutnya," tambahnya.
Kemenangan ini membuat langkah Belgia ke babak selanjutnya semakin nyaman. Tapi, Belgia tak boleh jemawa karena dua pertandingan yang mereka lakukan berikutnya tak akan mudah. Tunisia dan Inggris siap menjadi penghalang Belgia untuk merebut tiga angka. Tapi, jika pemain Belgia bersama semua akan terasa mudah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan