Bola & Sports18 Juni 2020 20:25

Masuk Grup Neraka di Piala Asia Jadi Tantangan buat Timnas U-16

Konten Redaksi kumparan
Masuk Grup Neraka di Piala Asia Jadi Tantangan buat Timnas U-16 (1112902)
Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti saat ditemui kumparan di Singapura. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Undian Piala Asia U-16 sudah rampung. Timnas U-16 Indonesia yang berpartisipasi di ajang tersebut tergabung di Grup D (alias 'Grup Neraka') bersama Arab Saudi, China, dan Jepang.
ADVERTISEMENT
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, tak menampik bahwa anak asuhnya berada di grup berat. Akan tetapi, ia mengaku tak terbebani.
"Yang pasti ini menjadi tantangan bagi kami dan kami harus mempersiapkan mental, fisik, kemudian strategi dan taktik, untuk menghadapi ketiga tim tersebut," tutur Bima ketika dihubungi jurnalis, Kamis (18/6/2020).
Masuk Grup Neraka di Piala Asia Jadi Tantangan buat Timnas U-16 (1112903)
Pelatih U-16 Indonesia Bima Sakti (kanan) bersama para pemain Timnas U-16 Indonesia usai pertandingan Kualifikasi Piala U-16 2020, di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
"Kami juga sebelumnya pernah bertemu dengan Korea Selatan dan China. Jadi kami mengukur kekuatan Arab Sudi dan Jepang dari sana. Memang, kedua lawan tadi levelnya di atas kita. Tapi bisa dibilang kita satu level dengan Korea Selatan," dia menambahkan.
Pertemuan Timnas U-16 dengan Korea Selatan terjadi di ajang U-16 Boys Elite Tournament pada Agustus 2019. Saat itu, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1.
ADVERTISEMENT
Adapun, pertemuan dengan China terjadi pada Kualifikasi Piala Asia U-19. Sama-sama berada di Grup G, kedua tim bermain imbang 0-0 pada September 2019.
Pada Piala Asia U-16 yang digelar di Bahrain, Timnas U-16 akan menghadapi Arab Saudi, 27 November. Setelah itu, China akan menjadi lawan kedua Alexandro Felix Kamuru dan kolega pada 30 November.
Terakhir, Timnas U-16 akan menghadapi Jepang pada 3 Desember 2020.
"Sekarang pekerjaan rumah kami adalah bagaimana bisa membenahi segala kekurangan yang ada selama ini karena semua lawan yang ada di Piala AFC U-16 pasti berat," dia menutup.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white