Bola & Sports17 September 2020 10:00

Menelaah Formasi Spurs Jika Gareth Bale Kembali

Konten Redaksi kumparan
Menelaah Formasi Spurs Jika Gareth Bale Kembali (201560)
Gareth Bale merayakan gol ke gawang Liverpool di final Liga Champions 2017/18. Foto: AFP/Franck Fife
Gareth Bale dikabarkan semakin dekat untuk kembali ke Tottenham Hotspur. Real Madrid dikabarkan setuju dengan permintaan peminjaman yang diajukan oleh kubu Spurs untuk Bale.
ADVERTISEMENT
Pakar transfer sepak bola eropa, Fabrizio Romano, melaporkan kesepakatan Bale dan Spurs sedikit lagi mencapai kata mufakat. Bahkan, Bale sudah berpamitan kepada seluruh anggota tim Real Madrid.

Lalu, Bagaimana Posisi Gareth Bale di Spurs Nanti?

Spurs bukan tim yang baru untuk Gareth Bale. Pada usia 17 tahun, Bale direkrut dari Southampton dengan mahar sebesar 7,5 juta euro. Bale pun berkembang menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.
Bersama Spurs, Bale mencatatkan 203 penampilan. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu sukses membuat 56 gol dan 58 assist di semua kompetisi yang dimainkannya. Sayang, Bale hanya mampu mempersembahkan satu gelar Piala Liga inggris untuk The Lilywhites.
Nah, musim ini Spurs memang tak memiliki banyak pilihan di lini serang. Hanya ada Harry Kane, Son Heung-min, dan Lucas Moura yang sering menghiasi starting line up Spurs. Sementara, Steven Bergwijn dan Eric Lamela belum menunjukkan penampilan yang gemilang.
ADVERTISEMENT
Manajer Spurs, Jose Mourinho, secara terang-terangan menginginkan pemain depan yang mumpuni. "Saya butuh penyerang, tetapi saya ingin menegaskan kalau klub tahu kalau saya butuh dan menginginkan seorang penyerang," ujar Mourinho dilansir Evening Standard.
Menelaah Formasi Spurs Jika Gareth Bale Kembali (201561)
Bale, pencetak gol terbanyak Wales. Foto: REUTERS/Stringer
Bale memang bukan sosok penyerang murni. Namun, kehadiran Bale bisa menambah opsi di lini serang Spurs.
Bale bisa saja dimainkan bersama Son dan Kane di lini depan dalam pola 4-3-3. Kecepatan yang dimiliki ketiganya bisa merepotkan lini belakang lawan.
Bale, Son, dan Kane akan bergerak secara dinamis dan memungkinkan untuk bertukar-tukar posisi. Bale dan Son tak akan melulu menyisir dari sisi tepi. Keduanya bisa masuk ke ruang yang dibuka oleh Kane di dalam kotak penalti.
Bale juga dinilai cocok dengan strategi serangan balik yang biasa digunakan Jose Mourinho. Kecepatan dan kemampuannya melakukan dribel melewati lawan akan membuat serangan balik Spurs mematikan.
ADVERTISEMENT
Hebatnya lagi, Bale tak cuma piawai membuat gol. Pemain asal Wales itu bisa mengirimkan umpan-umpan yang memanjakan dari sisi sayap. Senjata itu bisa menjadi tumpuan Spurs jika menghadapi lawan yang bermain dengan bertahan.
Menelaah Formasi Spurs Jika Gareth Bale Kembali (201562)
Para pemain Spurs merayakan gol bersama Jose Mourinho (kiri). Foto: REUTERS/David Klein
Selama di Madrid, Bale tampil cukup tokcer. Tercatat ada 105 gol dan 68 assist yang ia kemas dalam 251 penampilan di semua kompetisi.
Dengan begitu, rasanya tak akan mengejutkan jika Bale langsung nyetel dengan skema Spurs musim ini. Bukan tak mungkin juga, kehadiran Bale bisa mengangkat penampilan Spurs yang jeblok di laga perdana Liga Inggris.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white