kumparan
27 Agustus 2019 21:48

Mengapa Banuelos Mencadangkan Ismed di Tiga Laga Terakhir?

Persija Jakarta vs Bhayangkara FC, Liga 1 2019
Pemain Persija Jakarta Ismed Sofyan saat pertandingan Liga 1 2019 Persija Jakarta melawan Bhayangkara FC, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (10/8). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Tak ada Ismed Sofyan di sisi kanan pertahanan Persija Jakarta pada tiga laga teranyar di Liga 1 2019. Yang menempati posisi tersebut adalah Novri Setiawan yang notabene merupakan seorang gelandang sayap.
ADVERTISEMENT
Catatan buruk yang belakang diraih Persija membuat publik mulai mempertanyakan keputusan ini. Mengapa bukan Ismed yang dimainkan? Cederakah? Tak sesuai skema bermain?
Pelatih Persija, Julio Banuelos, angkat bicara. Ia menjelaskan bahwa faktor kebugaran menjadi penyebab keputusan tersebut.
"Ismed memang tidak tampil di dua laga terakhir. Dia sedikit mengalami cedera," ujar Banuelos pada sesi jumpa pers jelang laga melawan PSM Makassar, Selasa (27/8/2019).
"Ada rasa tidak nyaman di bagian kaki Ismed. Dia sendiri yang minta ke tim pelatih untuk diistirahatkan terlebih dahulu," lanjut sang pelatih.
Persija Jakarta, Persib Bandung
Pelatih Persija Jakarta Julio Banuelos pada pertandingan Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Meski begitu, Ismed selalu bersedia hadir pada tiap pertandingan Persija. Ia bahkan siap dimainkan jika memang ada keadaan yang mendesak. Hal ini lantas membuat Banuelos menyampaikan pujiannya untuk Ismed.
ADVERTISEMENT
"Tapi dia profesional, selalu mau hadir. Dia juga bilang ke tim pelatih bahwa bila ada keadaan mendesak, dia siap bermain," ujar pelatih asal Spanyol itu.
Ismed menjadi andalan di sisi kanan pertahanan Persija pada beberapa musim terakhir. Itu tampak dari jumlah penampilannya yang selalu di atas 20 angka per musim. Sementara, ia baru bermain tujuh kali pada musim ini, tanpa gol dan assist.
*** Pertandingan Liga 1 2019 antara Persija dan PSM akan digelar pada Rabu (28/8/2019) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sepak mula berlangsung pukul 15.30 WIB.