Bola & Sports
·
11 April 2021 16:05

Menko PMK Puji Piala Menpora, Presiden Beri Perhatian pada Bakat Muda Sepak Bola

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menko PMK Puji Piala Menpora, Presiden Beri Perhatian pada Bakat Muda Sepak Bola (17870)
searchPerbesar
Persija Jakarta vs Bhayangkara FC di Piala Menpora. Foto: Dok. Persija
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyadari bahwa kompetisi sepak bola sangat penting untuk ajang mencari talenta-talenta muda berbakat. Ini boleh jadi adalah sinyal akan ada kompetisi lain setelah Piala Menpora.
ADVERTISEMENT
"Karena yang namanya olahraga khususnya sepak bola itu tanpa didukung frekuensi pertandingan yang cukup banyak itu tidak mungkin kita bisa melakukan talent scouting. Melacak pemain berbakat," ujarnya dalam siaran pers pada wartawan.
Lebih lanjut, Muhadjir juga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo juga menaruh perhatian pada sepak bola. Presiden juga disebutnya menaruh perhatian pada pencarian bakat talenta muda Indonesia.
"Pak Presiden juga sangat perhatian karena kemarin juga baru saja ada rapat kabinet terbatas untuk membahas pencarian bakat, dan kita punya program cara merekrut talenta muda olahraga dan lebih spesifik sepak bola," tutur Muhadjir Effendy.
Menko PMK Puji Piala Menpora, Presiden Beri Perhatian pada Bakat Muda Sepak Bola (17871)
searchPerbesar
Jokowi dan Muhadjir Effendy Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan
Oleh karena itu, Muhadjir meminta pemerintah daerah juga menaruh perhatian khusus ke sepak bola, termasuk pada pencarian dan pembinaan talenta muda berbakat.
ADVERTISEMENT
"Bagaimana pun sepak bola merupakan salah satu cabang yang sangat mendapatkan perhatian masyarakat. Terutama pemerintah daerah itu harus menaruh perhatian betul pada sepak bola," katanya.
Selain itu juga, Muhadjir telah meminta kepada Mendikbud Nadiem Makarim untuk memulai kembali pelaksanaan Piala Siswa, yakni pertandingan sepak bola tingkat SMP, seiring dengan mulai diberlakukan sekolah tatap muka. Hal itu demi mendorong pencarian talenta muda berbakat.
"Kemudian juga saya mendorong Mas Mendikbud untuk bisa segera melaksanakan Piala Siswa. Dan ini merupakan talent scouting untuk mencari talenta sepak bola nasional," pungkasnya.
***