kumparan
Bola & Sports27 Februari 2020 19:32

Meski Habiskan 223 Juta Euro untuk Transfer Pemain, Liverpool Tetap Catat Profit

Konten Redaksi kumparan
Liverpool, Mohamed Salah (PTR)
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, sedang merayakan gol. Foto: REUTERS/Phil Noble
Prestasi Liverpool memberi dampak positif pada keuangan mereka. The Reds baru saja mencatatkan keuntungan sebesar 42 juta euro (sekitar Rp646 miliar) dan peningkatan omzet hingga 533 juta euro (sekitar Rp8,2 triliun) pada musim 2018/19.
ADVERTISEMENT
Pada laporan akhir tahun per 31 Mei 2019, omzet Liverpool meningkat 78 juta euro (sekitar Rp1,2 triliun) menjadi total 533 juta euro. Peningkatan ini berkat naiknya pemasukan dari media, komersial, dan hasil penjualan tiket.
Naiknya nilai omzet itu membuat Liverpool bisa berinvestasi hingga 223 juta euro (sekitar Rp3,5 triliun) dalam untuk transfer pemain di musim 2018/19. Di musim tersebut, Liverpool mendatangkan Alisson, Fabinho, Naby Keita, dan Xherdan Shaqiri serta sejumlah pemain lain.
Fabinho
Fabinho membela Liverpool dalam pertandingan menghadapi Arsenal. Foto: Phil Noble/Reuters
Selain itu, Liverpool juga mengeluarkan kontrak baru untuk 11 pemain. Di antaranya adalah Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Jordan Henderson, Trent Alexander-Arnold, dan Andy Robertson.
Nah, keberhasilan Liverpool memenangi Liga Champions musim lalu turut berpengaruh. Berkat kemenangan itu pemasukan media Liverpool naik jadi 261 juta euro (sekitar Rp4,01 triliun).
ADVERTISEMENT
Posisi mereka di Premier League 2018/19 juga turut berkontribusi atas peningkatan omzet dan profit ini. Pemasukan komersial naik jadi 188 juta euro (sekitar Rp2,8 triliun), sementara pemasukan penjualan tiket naik menjadi 84 juta euro (sekitar Rp1,2 triliun).
Liverpool
Para pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah. Foto: REUTERS/Phil Noble
Hebatnya lagi, Liverpool berhasil mendapat sembilan partner komersial baru. Termasuk partnership alat latihan resmi mereka dengan AXA.
"Kekuatan finansial ini membuat kami bisa melakukan investasi signifikan dalam hal merekrut pemain dan infrastruktur, kata Andy Hughes, Chief Operating Officer Liverpool, seperti dilansir The Guardian.
"Mampu untuk berinvestasi lebih dari 220 juta euro untuk pemain dalam periode finansial ini adalah hasil dari strategi bisnis yang sukses, terutama berkat naiknya pemasukan dari komersial," lanjut dia.
Anfield
Plang 'This is Anfield' yang legendaris itu. Foto: Twitter / @LFC
Liverpool telah menurunkan dana sebesar 50 juta euro (sekitar Rp769 miliar) untuk fasilitas latihan terbaru mereka di Kirkby yang akan selesai pada Juli 2020 nanti. Selain itu, klub asal Merseyside itu juga berencana memperbesar kapasitas Anfield menjadi 61.000 penonton.
ADVERTISEMENT
"Keberhasilan finansial ini berkat peran dari Fenway Sport Group yang terus mendukung ambisi klub dan kembali menginvestasikan profit pada penguatan skuat serta pembangunan infrastruktur demi masa depan," imbuh dia.
===
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule-nya di SSCornerID.
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan