kumparan
Bola & Sports23 Mei 2020 13:15

Mimpi Baru Manuel Neuer: Pimpin Bayern Muenchen di Final Liga Champions

Konten Redaksi kumparan
PTR, Manuel Neuer
Manuel Neuer memperkuat Bayern Muenchen pada laga Bundesliga 2019/20 kontra Union Berlin. Foto: Reuters/Pool
Masalah perpanjangan kontrak Manuel Neuer di Bayern Muenchen sudah rampung pada Kamis (21/5/2020). Hari itu, Neuer menandatangani kontrak yang akan mengikatnya di Allianz Arena hingga 2023.
ADVERTISEMENT
Negosiasi perpanjangan kontrak Neuer itu sendiri berjalan berlarut-larut. Bahkan, sang kiper sampai mengungkapkan kekesalan lantaran ada detail-detail yang bocor ke publik. Kini, setelah semua beres, Neuer siap mewujudkan mimpi barunya, memimpin Die Roten di final Liga Champions.
Selama berkostum Bayern, Neuer sudah dua kali berlaga di final Liga Champions. Satu final berakhir dengan kekalahan dari Chelsea, sementara satu final lainnya berujung kemenangan atas Borussia Dortmund.
Keberhasilan mengalahkan Dortmund itu terjadi pada musim 2012/13. Gelar Liga Champions itu pun membuat Bayern meraih treble winner karena mereka sebelumnya sudah mengamankan trofi Bundesliga dan DFB-Pokal.
Akan tetapi, Neuer kala itu belum menjabat sebagai kapten tim. Adalah Philipp Lahm yang saat itu bertugas memimpin Bayern. Di sisa masa baktinya bersama Bayern, Neuer ingin memimpin tim berlaga di final Liga Champions sebagai kapten.
ADVERTISEMENT
Kebetulan, final Liga Champions 2022 mendatang akan dihelat di Allianz Arena lagi, seperti pada 2012 ketika Bayern kalah dari Chelsea. Final di Allianz Arena itulah yang jadi target Neuer.
"Salah satu target besar kami dalam beberapa tahun ke depan adalah bermain di kandang pada partai final Liga Champions seperti tahun 2012. Pada 2022, Muenchen akan kembali menggelar final dan ini menjadi suntikan semangat bagi kami," tutur Neuer, dilansir Goal.
"Mimpi kami adalah bermain di partai final yang bakal digelar di rumah sendiri," sambungnya.
Bagi Neuer, mewujudkan mimpi itu tidak akan mudah. Selain karena makin kompetitifnya Liga Champions dengan kehadiran tim-tim kuda hitam baru seperti Atalanta, Neuer harus bersaing dengan Alexander Nuebel.
CVR, Manuel Neuer
Manuel Neuer memimpin Bayern Muenchen di babak 16 besar Liga Champions 2019/20 melawan Chelsea. Foto: AFP/Glyn Kirk
Sebagai bagian dari rencana menyambut kehidupan pasca-Neuer, Bayern telah merekrut Nuebel dari Schalke. Kendati demikian, Neuer tetap yakin bisa menjalankan peran sebagai kiper utama sekaligus kapten Bayern sampai masa baktinya berakhir.
ADVERTISEMENT
"Aku yakin kami akan terus meraih kesuksesan sampai tahun-tahun mendatang. Bermain di Bayern Muenchen sangatlah menyenangkan, begitu pula menjadi kapten di sini. Ini adalah pekerjaanku dan aku akan terus mempertahankannya sampai 2023," ucap Neuer.
Bayern sendiri saat ini masih berpeluang meraih gelar di Bundesliga, DFB-Pokal, serta Liga Champions.
Di Bundesliga, Bayern masih memuncaki klasemen dengan keunggulan empat poin atas Dortmund. Di DFB-Pokal, mereka berada di babak semifinal. Sementara itu, di Liga Champions, Bayern punya keunggulan agregat 3-0 atas Chelsea pada babak 16 besar.
Sabtu (23/5) malam pukul 23:30 WIB, Bayern akan menjalani pertandingan Bundesliga pekan ke-27 menghadapi Eintracht Frankfurt. Laga itu bakal dilangsungkan di Allianz Arena.
-----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan