kumparan
25 September 2018 3:37

Modric Raih Gelar Pemain Terbaik Dunia 2018 Versi FIFA

Luka Modric
Luka Modric menjadi pemain terbaik dunia tahun 2018 versi FIFA. (Foto: Ben STANSALL / AFP)
Penghargaan pesepakbola terbaik di dunia versi FIFA atau The Best FIFA Football Award 2018 akhirnya diumumkan, Selasa (25/9/2018) dini hari WIB. Sama seperti tahun lalu, London Palladium masih menjadi tempat diberikannya penghargaan kepada para insan-insan terbaik di kancah sepak bola dunia.
ADVERTISEMENT
Tahun ini, gelar pemain terbaik dunia jatuh kepada gelandang Real Madrid asal Kroasia, Luka Modric. Pemain berusia 33 tahun itu berhasil mengalahkan mantan rekan setimnya, Cristiano Ronaldo, serta penyerang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah.
Dalam voting yang dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional seluruh dunia serta perwakilan media dari negara-negara tertentu Modric mendapat presentase suara sebesar 29,5%. Sedangkan Ronaldo berada di tempat kedua dengan 19,8% dan Mohamed Salah pada posisi ketiga dengan 11,23%.
Modric memang tampil luar biasa bersama Real Madrid musim lalu. Menjadi juara Liga Champions untuk yang ketiga kalinya secara beruntun, ditambah dengan juara Piala Dunia Antarklub menjadi catatan Modric bersama 'Si Putih' pada musim 2017/18 silam..
ADVERTISEMENT
Catatan statisitk Modric juga baik. Dalam 43 penampilannya di semua kompetisi bersama Los Blancos, Modric berhasil mencetak 2 gol dan 8 assist.
Pencapaian apik Modric ini tak hanya di level klub saja. Bersama Timnas Kroasia, Modric tampil apik. Pemain yang pernah merumput bersama Tottenham Hotspur ini berhasil mengantarkan Timnas Kroasia untuk pertama kalinya melaju ke babak final Piala Dunia 2018. Dalam ajang tersebut, Modric menjadi kapten bagi Timnas Kroasia.
Namun, Modric gagal mengantar Timnas Kroasia juara setelah dikalahkan Timnas Prancis dengan skor 2-4. Meski begitu, kiprah Modric di Piala Dunia 2018 patut diapresiasi. Maka dari itu, penghargaan pemain terbaik Piala Dunia 2018 juga diberikan kepada Modric.
Total, pada Piala Dunia 2018, Modric mengemas dua gol dan satu assist dari tujuh pertandingan. Uniknya, Modric menjadi pemain pertama setelah Ronaldo Nazario di tahun 1998 yang mendapat gelar Pemain Terbaik Dunia dan Pemain Terbaik Piala Dunia. Modric juga mendapat gelar pemain terbaik versi UEFA pada tahun ini. Selain itu, Modric juga menggusur dominasi Ronaldo dan Messi yang dalam kurun 10 tahun terakhir mendominasi penghargaan pemain terbaik dunia.
ADVERTISEMENT
"Penghargaan ini menunjukan kamu bisa menjadi yang terbaik dengan kerja keras dan kepercayaan. Semua mimpi dapat menjadi nyata," ujar Modric dalam sambutannya saat mendapat penghargaan.
"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada klub saya yakni Real Madrid dan para pendukung yang sudah mendukung, mereka menunjukan dukungan yang saya butuhkan," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan