Bola & Sports
·
22 September 2020 13:11

Momok Timnas U-19 Itu Bernama Hukuman Penalti

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Momok Timnas U-19 Itu Bernama Hukuman Penalti (66635)
Shin Tae-yong harus membenahi lini belakang Timnas U-19. Foto: Dok. PSSI
Meski mulai menunjukkan perkembangan positif, Timnas U-19 binaan Shin Tae-yong masih memiliki banyak catatan yang perlu dibenahi. Pasalnya, dalam lima laga uji coba yang dimainkan di Kroasia, 'Garuda Muda' sudah dijatuhi hukuman penalti lima kali.
ADVERTISEMENT
Sektor pertahanan memang nampak merupakan titik terlemah skuat Timnas U-19. Bahkan, dalam lima pertandingan yang dimainkan, penjaga gawang Adi Satryo sudah memungut bola 15 kali dari jalanya.
Menggunakan skema empat pemain bertahan, Shin terus bereksperimen untuk membenahi sektor ini. Ia juga sudah 'bongkar pasang' pemain yang mengisi pos lini belakang.
Tercatat sudah ada 8 nama pemain bertahan yang dipasang sebagai starter di lima laga uji coba tersebut; Bayu M. Fiqri, Komang Tri, Rizky Ridho, M. Yudha Febrian, Pratama Arhan, Ahmad Rusadi, Bagas Kaffa, dan Komang Teguh.
Hasilnya memang belum memuaskan. Di luar 15 gol yang bersarang ke gawang Timnas U-19, hukuman penalti yang kerap dijatuhi wasit juga merupakan momok tersendiri.
Momok Timnas U-19 Itu Bernama Hukuman Penalti (66636)
Potret Timnas U-19 menghadapi Bulgaria U-19. Foto: Dok. PSSI
Di laga melawan tuan rumah Kroasia, salah satunya. Jelang pertandingan berakhir, Supriadi kedapatan melanggar pemain lawan di area kotak penalti. Hukuman sepakan 12 pass tersebut akhirnya melengkapi kekalahan 1-7 Timnas U-19 dari tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Di laga selanjutnya, ketika menjamu Arab Saudi malah semakin parah. Timnas U-19 dijatuhi 3 hukuman penalti hanya dalam tempo setengah jam jalannya pertandingan.
Pada menit ke-18 dan 26, wasit menunjuk titik putih karena melihat Komang Tri melakukan hand ball. Brylian Aldama kemudian melengkapi tiga hukuman penalti Timnas U-19 di menit ke-30.
Momok hukuman penalti nyatanya belum berhenti di situ. Pada laga terakhir melawan Qatar, Minggu (20/9), armada Shin Tae-yong lagi-lagi harus dijatuhi hukuman penalti. Kali ini, Rizky Ridho yang menjegal pemain Qatar secara ilegal.
Momok Timnas U-19 Itu Bernama Hukuman Penalti (66637)
Timnas U-19 melawan Timnas Qatar U-19 dalam laga uji coba di Kroasia. Foto: PSSI
Hukuman penalti tersebut sekaligus memupus kemenangan Timnas U-19 di laga tersebut. Ya, gawang Adi Satryo harus kebobolan di menit ke-90 via sepakan penalti Osamah Abdulkarim Altairi.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, Timnas U-19 sudah ditunggu Bosnia & Herzegovina dan Dinamo Zagreb.
Dalam beberapa laga uji coba sebelumnya, armada Shin Tae-yong kerap melakukan kesalahan sendiri ketika berhadapan dengan tim asal Eropa.
Lantas, taktik apa yang akan diterapkan Pelatih asal Korea Selatan tersebut untuk membenahi lini belakang Timnas U-19 di dua pertandingan selanjutnya? Menarik dinantikan.
---