kumparan
Bola & Sports21 Oktober 2019 16:30

Mourinho: Jelas Klopp Frustrasi di Old Trafford

Konten Redaksi kumparan
Juergen Klopp
Juergen Klopp terlihat lesu. Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Sejak dilatih Juergen Klopp, sudah banyak yang berubah dari Liverpool. Meski begitu, The Reds belum juga merasakan kembali kemenangan atas Manchester United di Old Trafford, yang terakhir kali terjadi pada lima tahun silam.
ADVERTISEMENT
Dua seteru ini kembali bertemu di Old Trafford, Minggu (20/10/2019). Tak seperti biasanya, United tampil dengan skema 3-5-2. Demi membikin Liverpool menderita, taktik bertahan low block diterapkan pasukan Ole Gunnar Solskjaer.
Cara ini berjalan sesuai ekspektasi United. Meski menguasai 68% penguasaan bola, Liverpool kesulitan mengancam pertahanan lawan. Sebagai bukti, hanya 4 dari total 10 percobaan yang tepat sasaran.
Beruntung bagi Liverpool, lini pertahanan The Red Devils sempat lengah pada menit ke-85 berkat aksi cerdik Naby Keita. Akibatnya, Andrew Robertson bisa menciptakan assist untuk Adam Lallana. Laga ini pada akhirnya berakhir imbang 1-1.
Pertandingan Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Manchester, Inggris
Pertandingan Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (20/10/2019). Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Jose Mourinho meyakini bahwa jalannya pertandingan ini membikin Klopp frustrasi. Toh, Liverpool memang kesulitan menembus pertahanan tim-tim yang bermain defensif.
ADVERTISEMENT
"Liverpool tak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat menghadapi tim yang memilih tampil defensif. Hasil-hasil mereka sejauh ini memang fantastis, tetapi tak semuanya didapatkan dengan cara meyakinkan," kata Mourinho kepada Sky Sports.
"Mereka baru bisa menghajar lawan yang ingin bermain dengan cara mereka, yakni menyerang juga. Inilah yang membuat saya yakin bahwa Juergen [Klopp] frustrasi di Old Trafford. Di tempat spesial itu, dia tak pernah menang atas United," lanjutnya.
Oktober 2018, United masih dilatih Mourinho dan menghadapi Liverpool di Old Trafford. Bermodalkan taktik defensif dan serangan balik cepat, Romelu Lukaku bisa mengkreasikan dua gol Marcus Rashford. Pertandingan itu tuntas dengan kemenangan 2-1 untuk United.
Juergen Klopp
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Foto: Reuters/Carl Recine
Menurut Mourinho, penampilan United kali ini melawan Liverpool juga minim celah. Kerapatan jarak antara lini tengah dan lini pertahanan dianggap eks pelatih Inter Milan itu sebagai kuncinya.
ADVERTISEMENT
"Dia [Klopp] tidak senang dengan kondisi itu. Mereka jelas tampil lebih baik ketika menghadapi tim yang memberikan mereka peluang untuk melancarkan serangan balik cepat. Akan tetapi, United kali ini tampil dengan profil berbeda," ucap Mourinho.
"Mereka tampil solid di belakang dan menjaga jarak antara bek tengah dan gelandang tetap rapat. Saya rasa dia tidak suka dengan menu yang disuguhkan. Dia suka daging, tetapi malah dapat ikan," pungkas sosok kelahiran Setubal itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan