kumparan
3 Oktober 2019 19:43

Panpel PSM Beberkan Alasan Penundaan Laga PSM vs Persipura

Selebrasi pemain PSM Makassar usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada pertandingan final Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Laga tunda pekan 4 Liga 1 2019 yang mempertemukan PSM Makassar dan Persipura Jayapura kembali ditunda. Panitia pelaksana pertandingan (panpel) PSM, turut bicara soal penundaan laga ini.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, PSM dan Persipura akan bersua di Stadion Andi Mattalatta pada Minggu (6/10/2019). Namun, laga tersebut urung digelar akhir pekan ini. Hal itu diumumkan oleh PSM lewat akun Instagram resmi mereka.
"Laga kandang PSM lawan Persipura yang sedianya akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2019 ditunda karena alasan keamanan. Penjadwalan ulang akan diumumkan secepatnya," tulis akun @psm_makassar.
Ketua Panpel PSM Makassar, Ali Gauli Arief, ikut bersuara perihal ditundanya laga ini. Ia mengungkapkan bahwa izin dari kepolisian untuk pertandingan untuk laga PSM lawan Persipura ini belum turun hingga Kamis (3/10).
Loading Instagram...
Selain itu, pria yang karib disapa Ulli tersebut juga mengungkapkan bahwa ada dua alasan utama yang mendasari ditundanya laga PSM lawan Persipura ini. Alasan pertama terkait eksodus warga Makassar dari Wamena.
ADVERTISEMENT
Beberapa waktu belakangan, kota Wamena dilanda kericuhan. Hal tersebut membuat situasi kota tidak kondusif, sehingga beberapa pendatang di sana, termasuk warga Bugis-Makassar, memutuskan untuk pulang ke Makassar.
"Kami telah berkonsultasi dengan Polda Sulawesi Selata (Sulsel), terkait eksodus dari Wamena. Seperti diketahui banyak masyarakat Bugis-Makassar yang mungungsi pasca kerusuhan di sana," ujar Ulli saat dihubungi kumparanBOLA, Kamis (3/10/2019).
"Yang ditakutkan saat PSM melawan Persipura, suporter 'kan datang tuh, banyak. Kalau pemain aman bisa dikontrol pihak Panpel," tambahnya.
Alasan kedua adalah soal pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Rencananya, pelantikan sendiri akan dihelat pada 20 Oktober mendatang.
Seorang suporter menunjukan baju bergambar pemain PSM Makassar di pawai kemenangan PSM. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Saat itu, fokus kepolisian kemungkinan besar akan teralih ke pengamanan di wilayah Makassar. Oleh karena itu, Ulli menyebut bahwa untuk perubahan jadwal, pihak PSM memperhitungkan saran dari pihak keamanan.
ADVERTISEMENT
"Perubahan jadwal sudah disesuaikan dengan kondisi lapangan. Tentunya dengan memperhitungkan masukan dari pihak keamanan," ungkap Ulli.
Menyoal perubahan jadwal, pihak LIB sudah menelurkan surat bernomor 317/LIB/X/2019, yang menyebutkan jika laga PSM dan Persipura akan digelar pada 16 November, atau beberapa minggu setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden digelar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan