kumparan
search-gray
Bola & Sports1 Juni 2020 14:01

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts: Sudah Waktunya Kompetisi Kembali Bergulir

Konten Redaksi kumparan
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts: Sudah Waktunya Kompetisi Kembali Bergulir (877311)
Robert Rene Alberts, pelatih Persib, saat memimpin sesi latihan. Foto: Dok. Media Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menaruh harapan agar sepak bola di Indonesia kembali bergulir. Menurutnya, kondisi di berbagai negara sudah memasuki tatanan kehidupan baru usai terdampak pandemi COVID-19 dan Indonesia adalah salah satunya.
ADVERTISEMENT
''Melihat apa yang terjadi di dunia, semua sudah semakin paham soal virus corona ini sekarang. Anda juga bisa lihat beberapa negara yang hancur karena corona lebih dari Indonesia dan kini mulai bangkit,'' kata Alberts, seperti dikutip dari laman simamaung.
''Penerbangan mulai dibuka kembali, kebijakan lockdown dicabut, kegiatan masyarakat mulai kembali normal, tempat kerja dan toko sudah mulai dibuka, kegiatan olahraga, terutama sepak bola, juga sudah diperbolehkan kembali digelar.''
''Presiden Indonesia juga mengatakan bahwa masyarakat harus mulai hidup dengan 'new normal' dan itu bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia,'' dia menjelaskan.
Menurut Alberts, meminimalisir penyebaran virus corona dengan tatanan kehidupan baru bukan tak mungkin, apalagi di bidang sepak bola. Pelatih asal Belanda ini mencontohkan bahwa di beberapa negara event sepak bola menjadi yang pertama digulirkan meski tidak melibatkan penonton.
ADVERTISEMENT
''Beberapa hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa risiko transmisi virus corona jauh lebih kecil pada kegiatan outdoor daripada kegiatan indoor atau sesi diskusi tatap muka,'' kata pelatih 65 tahun ini.
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts: Sudah Waktunya Kompetisi Kembali Bergulir (877312)
Pelatih Persib, Rene Alberts, dalam sesi jumpa pers. Foto: Dok. Media Persib
Meski demikian, Alberts mengaku hanya menyampaikan saran dan pendapat. Sebab, terkait masa depan Liga 1 yang tengah mengalami masa penangguhan akibat virus corona akan ditentukan oleh PSSI.
Hingga saat ini, PSSI masih belum mengumumkan kepastian terkait kelanjutan Liga 1 2020. Rencananya, mereka akan menyampaikan kepada klub kontestan setelah menggelar rapat dengan para komite eksekutif PSSI.
''Jadi saat ini saya menunggu PSSI menerbitkan statement. Mungkin mereka tidak akan menggulirkan kompetisi dalam waktu dekat, tapi menurut saya jawaban paling logis adalah memulai lagi kompetisi.''
ADVERTISEMENT
''Mungkin tidak sesuai dengan surat yang mereka edarkan Maret lalu dengan menyebut kompetisi akan berjalan lagi Juli, tapi mungkin mundur satu bulan mungkin di Agustus,'' dia menutup.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!