kumparan
23 Mar 2019 18:54 WIB

Pelatih Vietnam: Umpan Satu-Dua Sentuhan Timnas U-23 Bagus

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo. Foto: Dok. VFF
Timnas U-23 Vietnam berhasil meraih hasil maksimal di laga pembuka Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Menghadapi Brunei Darussalam, Jumat (22/2/2019), Vietnam berhasil menang telak dengan skor 6-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol Vietnam di laga tersebut dicetak oleh enam pemain berbeda, yakni Ha Duc Chinh, Nguyen Thanh Chung, Dinh Thanh Binh, Trieu Viet Hung, Huynh Tan Sinh, dan Nguyen Quang Hai. Kemenangan ini pun membawa Vietnam memuncaki Grup K, unggul selisih gol untuk sementara atas Thailand.
Menyoal kemenangan timnya, Park Hang-seo selaku pelatih menuturkan rasa bangga atas penampilan para pemainnya. Ia merasa bahwa anak-anak asuhnya sudah mampu menunjukkan yang terbaik, meski ia juga sadar bahwa para pemainnya bisa lebih baik lagi.
Kapten Timnas U-23 Vietnam, Nguyen Quang Hai, di laga melawan Brunei Darussalam. Foto: Dok. AFC
“Kami sudah melakukan yang terbaik di laga ini, walau kami belum berada dalam kondisi yang terbaik, tapi kami akan terus mencoba memberikan yang terbaik, menerapkan taktik sebisa mungkin,” ujar Hang-seo.
ADVERTISEMENT
Setelah meraih kemenangan atas Brunei, dalam dua laga ke depan, Vietnam akan berhadapan dengan Indonesia dan Thailand. Dua tim tersebut juga sudah saling berhadapan di laga pembuka Grup K, dengan Thailand yang keluar sebagai pemenang.
Jelang menghadapi Indonesia dan Thailand, Hang-seo memiliki penilaiannya sendiri terhadap dua tim tersebut. Namun, intinya, menurut Hang-seo, Thailand dan Indonesia melakukan perubahan di dalam skuat mereka untuk babak kualifikasi Piala Asia U-23 ini.
“Kita bisa lihat bahwa dua tim itu (Indonesia dan Thailand) adalah tim yang berbeda ketika di ajang Kamboja kemarin. Thailand memasukkan 15 pemain baru, dan Indonesia memasukkan empat pemain baru. Keduanya memainkan tim baru. Untuk Indonesia, mereka banyak bermain umpan panjang, dan umpan satu-dua sentuhannya juga bagus,” ujar Hang-seo.
ADVERTISEMENT
Jadwal lengkap Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia. Foto: Basith Subastian/kumparan
“Sedangkan, Thailand benar-benar mempersiapkan diri di ajang ini. Sebagai tuan rumah, Thailand punya skuat yang bagus, pemain-pemain dengan skill individu yang baik. Di samping itu, organisasi permainan dan juga taktik yang mereka terapkan juga sama baiknya,” katanya.
Vietnam sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri di ajang ini. Apalagi, lawan mereka di laga kedua, Indonesia, sedianya baru saja dibantai oleh Thailand di laga perdana. Namun, Hang-seo memilih untuk tetap waspada karena ia tidak tahu apa-apa saja yang sudah menanti Vietnam di depan.
“Tentu saja kami tidak tahu apa yang akan terjadi di dua laga ke depan, kami hanya fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lain. Kami harus menang di laga pertama, kedua, dan ketiga, sehingga kami bisa tahu kami lolos atau tidak,” ujar Hang-seo.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan