Bola & Sports
·
14 Juli 2021 19:23
·
waktu baca 2 menit

Pemerintah Inggris Akan Larang Pelaku Rasialisme di Medsos Datang ke Stadion

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pemerintah Inggris Akan Larang Pelaku Rasialisme di Medsos Datang ke Stadion (911490)
searchPerbesar
Jadon Sancho dan Marcus Rashford pada laga final Euro 2020. Foto: Laurence Griffiths/REUTERS
Pemerintah Inggris mengambil langkah tegas terkait kasus rasialisme di final Euro 2020. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, akan melarang pelaku rasialisme datang menyaksikan langsung pertandingan sepak bola.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, tiga eksekutor penalti Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka mengalami serangan rasialis usai gagal mengeksekusi di drama adu penalti kontra Italia di final Euro 2020. Mereka dituding menjadi biang kegagalan Timnas Inggris merengkuh gelar juara Euro 2020.
Kasus ini mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Inggris. Bahkan, pelaku yang melakukan tindakan rasialis di sosial media akan dilarang memasuki stadion.
''Para pelaku rasialisme yang membagikan pesan keji di media sosial akan dilarang datang ke pertandingan sepak bola dalam perubahan undang-undang. Hal ini dikonfirmasi Boris Johnson,'' tulis laporan Mirror, Rabu (14/7) malam WIB.
Pemerintah Inggris Akan Larang Pelaku Rasialisme di Medsos Datang ke Stadion (911491)
searchPerbesar
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bersama istrinya Carrie Johnson menyaksikan pertandingan Inggris melawan Denmark di semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Justin Tallis/REUTERS
Boris Johnson menjelaskan bahwa langkah ini diambil untuk membersihkan sepak bola Inggris dari segala bentuk tindakan rasialisme.
ADVERTISEMENT
''Apa yang kami lakukan hari ini adalah mengambil langkah praktis untuk memastikan larangan dalam sepak bola direvisi sehingga jika Anda bersalah atas pelecehan rasialisme online [di sosial media] terhadap pesepak bola, Anda dipastikan tidak akan pergi ke pertandingan,'' kata Boris Johnson, dilansir Mirror.
''Tidak ada tapi, tidak ada pengecualian, tidak ada alasan [untuk aturan ini],'' tegasnya.
Pemerintah Inggris Akan Larang Pelaku Rasialisme di Medsos Datang ke Stadion (911492)
searchPerbesar
Suporter Inggris di tribun sebelum pertandingan melawan Jerman di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters
Kasus rasialisme terhadap pesepak bola memang menjadi masalah klasik di Eropa. Banyak pesepak bola berkulit hitam yang menjadi sasaran kekesalan para penonton.
Adapun, meski mendapat perlakuan rasialisme, baik Rashford, Sancho maupun Saka tetap mendapat dukungan dari sebagian besar fan Inggris lainnya. Mereka diharapkan mampu bangkit dari keterpurukan usai gagal mencatat sejarah baru bersama Timnas Inggris.
ADVERTISEMENT
---