kumparan
4 Maret 2019 14:49

Penampilan di Babak Kedua yang Bikin Everton Mampu Tahan Liverpool

Everton
Marco Silva memberi instruksi pada Theo Walcott. Foto: Reuters/Andrew Yates
Everton bermain 0-0 dengan Liverpool pada pekan ke-29 Premier League, Minggu (3/3/2019). Menurut Pelatih Everton, Marco Silva, keberhasilan anak asuhnya untuk menahan imbang rival sekotanya didasari oleh penampilan apik mereka pada babak kedua.
ADVERTISEMENT
Kendati bermain di Goodison Park, kandang Everton, keberhasilan skuat asuhan Silva untuk menahan imbang Liverpool tetap mengejutkan. Maklum, dalam 15 pertemuan terakhir antara kedua tim Merseyside ini, Everton kalah sembilan kali. Kemenangan terakhir The Toffees di Derbi Merseyside ini mereka raih tanggal 17 Oktober 2010 lalu.
Namun, superioritas Liverpool tak terlihat kala kedua tim bertemu hari Minggu kemarin. Lini depan maut The Reds yang dipimpin Mohamed Salah berhasil dinetralisir oleh Michael Keane dan pertahanan Everton. Si 'Merseyside Biru' pun sempat beberapa kali mendapat peluang mencetak gol, meskipun gagal dimanfaatkan dengan baik.
Everton vs Liverpool
Everton vs Liverpool Foto: Reuters/Carl Recine
Silva mengakui bahwa pertandingan melawan Liverpool berjalan berat. Namun, menurutnya, timnya tampil lebih baik, terutama di babak kedua setelah Everton mulai menekan Liverpool dengan tinggi dan melakukan pergantian pemain.
ADVERTISEMENT
“Pertandingan berlangsung sulit bagi tim kami dan mereka. Kedua tim mencoba untuk menang dengan melakukan umpan silang yang berbahaya. Namun, kami lebih baik di babak kedua. Kami menekan mereka dengan tinggi di babak kedua dan kualitas kami meningkat dengan masuknya pemain yang lebih segar,” ujar Silva dikutip dari Sky Sports.
“Kami menguasai tengah lapangan. Namun, kami mesti berhati-hati terhadap serangan balik yang mereka lakukan.”
Everton memang secara statistik lebih baik ketimbang Liverpool di babak kedua. Pressing tinggi yang mereka terapkan berdampak pada ofensif kedua tim. Everton berhasil melepaskan tujuh tembakan, sedangkan Liverpool hanya enam di sepanjang babak kedua. Tak hanya itu, The Toffees juga berhasil memaksa Liverpool kehilangan bola sebanyak tujuh kali di paruh akhir pertandingan.
ADVERTISEMENT
Selain karena performa di babak kedua yang ciamik, Silva juga mengakui keberhasilan Everton disokong oleh suporter. Atmosfer di Goodison Park, kandang Everton yang menjadi venue laga ini dihelat, menurut Silva begitu luar biasa. Mantan pelatih Olympiakos tersebut pun mengutarakan rasa terima kasihnya terhadap suporter Everton yang telah hadir ke stadion.
“Saya ingin memberikan tiga poin bagi suporter yang hadir. Namun, kami setidaknya mampu memberikan performa dan tekad yang luar biasa. Atmosfer di Goodison Park memang fantastis. Apabila dukungan mereka seperti ini lagi, saya yakin 20-30% pekerjaan kami bertambah mudah,” ujar Silva.
Derbi Merseyside BUKAN COVER!!
Suporter Everton di Derbi Merseyside. Foto: CARL RECINE/REUTERS
“Para suporter memang dapat mendorong kami untuk menang. Tak hanya di pertandingan derbi seperti ini, melainkan di semua pertandingan yang kami jalani. Mereka adalah pemain ke-12 kami, dan saya berharap setidaknya ada 80% dari dukungan mereka di laga ini yang akan kami dapatkan di pertandingan kami selanjutnya di kandang,” kata Silva.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan