kumparan
9 Des 2018 14:52 WIB

Perilaku Rasial Menodai Kemenangan Chelsea atas City

Aksi Sterling dalam laga Chelsea vs City. (Foto: Reuters/John Sibley)
Chelsea boleh bergembira karena menjadi tim pertama yang sukses mengalahkan Manchester City di Premier League. Namun, kemenangan ini menyisakan noda berupa aksi rasial.
ADVERTISEMENT
Kemenangan 2-0 yang ditorehkan Chelsea atas City menghiasi pekan ke-16 Premier League, Minggu (9/12/2018) dini hari WIB. Lewat gol N'Golo Kante dan David Luiz, The Blues menjaga asa untuk bersaing di papan atas klasemen sementara.
Meski sukses mendulang kemenangan, selain tantangan dari Maurizio Sarri untuk terus mempertahankan standar permainan, ada sejumput perilaku tidak menyenangkan yang dilakukan oleh pendukung Chelsea terhadap salah satu pemain City, Raheem Sterling. Perilaku tersebut disinyalir merupakan perilaku rasial.
Sebuah video yang tersebar di dunia maya menunjukkan bahwa pada pertandingan tersebut, tampak beberapa pendukung Chelsea berteriak kepada Sterling saat pemain berusia 24 tahun tersebut mengambil bola yang keluar dari lapangan. Tiga orang, salah satunya mengenakan jaket biru dan kacamata, meneriakkan kata-kata tepat ke telinga Sterling.
ADVERTISEMENT
Sampai saat ini, belum diketahui apa maksud dari kata-kata yang dialamatkan kepada Sterling. Namun, ada potensi mengandung pesan rasial. Menanggapi hal ini, pihak Metropolitan Police mengaku akan segera menindaklanjuti lebih dalam soal video yang tersebar ini, meski belum tentu melakukan penangkapan.
"Kami paham bahwa usai laga kemarin, ada video-video yang tersebar di media sosial. Video itu dianggap berisikan tindakan rasial yang dilakukan oleh para pendukung terhadap salah seorang pemain dalam laga Chelsea lawan Manchester City di Stamford Bridge, Sabtu (8/12/2018) waktu setempat," bunyi pernyataan resmi pihak Metropolitan Police, dilansir BBC.
"Kami akan medalami lebih jauh video tersebut untuk menilai apakah memang ada tindakan rasial yang dilakukan atau tidak. Sampai saat ini kami belum melakukan penangkapan," lanjut pernyataan tersebut.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma pihak Metropolitan Police saja, pihak Chelsea juga akan melakukan investigasi lebih lanjut menyoal kejadian ini. Mereka akan memantau video CCTV di stadion serta menanyai beberapa saksi, termasuk pihak keamanan stadion, untuk mencari tahu apa sebenarnya kata-kata yang diucapkan kepada Sterling.
Tendangan N'Golo Kante yang menjadi gol. (Foto: Reuters/John Sibley)
Mereka juga akan mengecek apakah para suporter yang kedapatan menghina Sterling itu adalah pemegang tiket musiman atau masuk dalam anggota suporter tertentu. Jika memang mereka kedapatan melakukan tindakan rasial, pihak klub akan menghukum berat para suporter ini, seperti melarang mereka masuk ke Stamford Bridge seumur hidup.
"Sama seperti polisi, kami juga paham bahwa video ini sudah tersebar di media sosial. Kami akan segera melakukan investigasi secara menyeluruh dan akan memberikan hukuman yang seberat-beratnya jika memang diperlukan," ujar pernyataan resmi Chelsea.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan