kumparan
5 Desember 2019 19:23

Persaingan Zona Degradasi Liga 1: Siapa Saja yang Akan Turun Divisi?

Persija Jakarta melawan Semen Padang, POTRAIT
Pemain Persija Jakarta Marko Simic (kanan) menendang ke arah gawang Semen Padang FC pada laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Haji Agus Salim, Padang. Foto: Dok. Media Persija Jakarta
Tak seperti perebutan gelar juara, persaingan di zona degradasi Liga 1 2019 jauh lebih ketat. Setidaknya hingga pekan ke-30 ada sepuluh tim yang posisinya belum benar-benar aman dari ancaman turun divisi.
ADVERTISEMENT
Mereka adalah Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Tira-Persikabo, Persija Jakarta, Barito Putera, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Perseru Badak Lampung, Kalteng Putra, hingga Semen Padang.
Dua tim yang kami sebut pertama, Persebaya dan Persib, membutuhkan setidaknya satu kemenangan lagi untuk berada di titik aman (43 poin).
Saat ini poin Persebaya adalah 42, sedangkan Persib 41. Jadi, peluang kedua tim ini untuk lolos adalah yang paling besar, dan karena itulah kami tak akan membahas mereka lebih lanjut.. Hehehe.
Paulo Sergio, Bali United
Aksi Paulo Sergio pada laga melawan Semen Padang. Foto: dok. Media Bali United
Omong-omong, kami menyebut angka 43 sebagai titik aman karena Liga 1 menyisakan empat pekan lagi. Situasinya, tim teratas zona degradasi, dalam hal ini Badak Lampung di urutan 16, memiliki 30 poin. Nah, poin mereka tak mungkin lagi bisa menyentuh angka 43.
ADVERTISEMENT
Hal serupa berlaku pula untuk Kalteng Putra yang juga punya 30 poin serta tentu saja Semen Padang dengan 28 poin di urutan 17 dan 18. Maka, ketiga tim inilah yang kemungkinannya paling kecil untuk lolos dari ancaman degradasi.
Lalu, bagaimana nasib Tira-Persikabo, Persija, Barito Putera, PSIS, dan Persela yang posisinya diapit Persib dan Badak Lampung? Berdasarkan hitung-hitungan angka, mereka masih bisa turun kelas, tetapi kemungkinannya tak sebesar tiga tim terbawah tadi.
Agar lebih jelas, kami membahas semuanya satu per satu secara singkat.
Kami akan mulai dari tim di urutan buncit. Dalam hal ini adalah Semen Padang. Hingga pekan ke-30 mereka memiliki raihan poin terendah, 28 poin, dan menyisakan empat laga lagi dengan Barito Putera, PSIS, Borneo FC, dan Persela sebagai para lawan.
Semen Padang FC vs Bhayangkara FC
Pemain Semen Padang FC Dedy Gusmawan (kiri) berebut bola dari pemain Bhayangkara FC Bruno De Oliveira Matos dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion PTIK. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Tiga dari empat laga tersebut berstatus tandang. Untuk Semen Padang, ini justru kabar baik. Musababnya mereka memiliki catatan tandang lebih oke ketimbang kandang sepanjang putaran kedua. Pada empat laga terakhir saja, hanya sekali mereka kalah.
ADVERTISEMENT
Kabar baik lain, tiga tim itu adalah Barito, PSIS, dan Persela, yang juga tengah berjuang lepas dari zona degradasi. Jadi peluang Semen Padang untuk mencuri angka terbuka lebar. Namun, ini tak bisa langsung disebut gampang.
Terlebih, ketiga tim tersebut tengah dalam performa menanjak. Mereka sama-sama hanya sekali gagal meraih kemenangan dalam empat laga terakhir. So.. tugas Semen Padang cukup berat dan, kami pikir, maksimal mereka hanya mendapat empat poin (satu menang, satu imbang) dalam tiga lawatan tersebut.
Adapun satu laga lain, yakni melawan Borneo FC di kandang sendiri, Semen Padang sepertinya bisa meraih tiga poin. Rekor buruk Borneo melawan tim papan bawah serta performa apik Semen Padang kala melawan Bali United --meski kalah-- menjadi salah satu dasar.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu poin Semen Padang menjadi 35.
Hariono, Persib, Kalteng Putra
Penyerang Kalteng Putra, Patrich Wanggai, berduel dengan Hariono. Foto: dok. Liga Indonesia
Selanjutnya Kalteng Putra dan Badak Lampung. Kami akan membahasnya secara beriringan lantaran keduanya punya poin sama: 30. Persamaan lain, dan ini kabar buruknya, empat lawan sisa mereka bukan tim sembarangan.
Kalteng Putra bakal berhadapan dengan Madura United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, dan Persija Jakarta. Lantaran tiga di antaranya berstatus kandang, kemungkinan Kalteng Putra untuk setidaknya meraih satu kemenangan cukup besar.
Adapun, satu laga tandang, yakni menghadapi Bhayangkara FC, meraih hasil imbang bahkan cukup sulit buat mereka. Terlebih, Bhayangkara masih punya peluang menjadi runner-up dan mereka tentu tak ingin kehilangan angka begitu saja.
Poin Kalteng Putra: 33.
Perseru Badak Lampung FC vs Persipura Jayapura, Liga 1
Pemain Perseru Badak Lampung FC Suhandi tertunduk lesu usai melawan Persipura Jayapura pada Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda Lampung, Senin (28/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah
Sementara itu, lawan-lawan sisa Badak Lampung adalah Persija, Bhayangkara FC, Persib, dan Persebaya. Kontra dua tim pertama dilangsungkan di kandang, sedangkan dengan dua tim berikutnya akan berstatus tandang.
ADVERTISEMENT
Melihat dua laga tandang terakhir yang bisa diakhiri dengan kemenangan, dua laga kandang melawan Persija dan Bhayangkara sepertinya juga bisa mereka akhiri dengan hasil serupa. Namun, dua laga tandang sisa mereka tampaknya bakal berujung minor.
Maka, perolehan angka Badak Lampung akan menjadi 36.
Dari sini mari kita kumpulkan perolehan ketiganya. Semen Padang punya 35 poin, Kalteng Putra 33, dan Perseru Badak Lampung 36. Dengan poin-poin tersebut, sayangnya, posisi mereka masih belum bisa aman.
Poin tersebut bahkan tak mencapai 37 poin milik PSIS dan Barito di urutan 14 dan 13 saat ini. Karena itu, dua tim ini tak perlu lagi dibahas. Begitu pula dengan Persija dan Tira-Persikabo yang ada di atas mereka dengan keunggulan satu angka.
ADVERTISEMENT
Satu-satunya kemungkinan adalah menggeser posisi Persela di urutan 15. Persela saat ini punya 34 poin. Berdasarkan hitung-hitungan kami tadi, berarti cuma Semen Padang dan Badak Lampung yang berpeluang melampauinya.
Tapi, hal tersebut baru bisa terjadi jika Persela selalu mengalami kekalahan di empat laga sisa. Melihat laga-laga sisa mereka yang relatif ringan, mengharapkan 'Laskar Joko Tingkir' untuk selalu terpeleset terbilang mustahil.
Loading Instagram...
So... dengan berat hati kami mesti bilang bahwa tiga tim terbawah di pekan ke-30 ini bakal tetap terdegradasi begitu Liga 1 2019 berakhir. Hanya urutannya yang berbeda: Kalteng Putra posisi 18, Semen Padang 17, dan Badak Lampung 16.
Eitss.. sebelumnya kami ingatkan bahwa ini cuma hitung-hitungan dengan kemungkinan kasar. Hasil akhir tentu saja akan ditentukan di lapangan.
ADVERTISEMENT