kumparan
26 Maret 2020 13:33

Piala AFF 2020 Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Timnas Indonesia, Timnas Vietnam, Kualifikasi Piala Dunia (Potrait)
Pemain Timnas Indonesia Riko Simanjuntak (kanan) melewati pemain Timnas Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Pandemi virus corona membuat sejumlah gelaran internasional ditunda. Namun, AFF tetap berencana menghelat Piala AFF 2020 sesuai jadwal.
ADVERTISEMENT
Turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara tersebut akan dihelat pada 23 November hingga 31 Desember 2020. Sepuluh negara ikut serta pada ajang ini dan akan dibagi ke dalam dua grup.
Selain Piala AFF, empat kejuaraan lain juga bakal digelar sesuai jadwal, yakni Piala AFF U-15 Putri, Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub, dan Kejuaraan Sepak Bola Pantai AFF.
Timnas Indonesia, Timnas Malaysia
Selebrasi pemain timnas Indonesia Alberto Goncalves dan Andik Vermansyah pada sebuah laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Walau begitu, AFF memastikan bahwa mereka akan tetap memantau situasi terkini. Jika kondisi terkait virus corona tak membaik, ada kemungkinan mereka mengambil opsi lain.
"Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mengamati dan tidak ragu untuk mengubah jadwal jika perlu," kata Presiden AFF, Khiev Sameth, dilansir laman resmi AFF.
ADVERTISEMENT
“Dalam setiap keputusan yang kami ambil, AFF akan selalu mengedepankan keselamatan keluarga dan komunitas sepak bola kami," sambung dia.
AFF berencana tetap menggelar lima turnamen di atas karena dihelat pada pengujung tahun. Satu-satunya pengecualian adalah ASEAN Club Championship lantaran digelar selama lima bulan.
Adapun, turnamen lain yang rencananya berlangsung dalam waktu dekat resmi ditunda. Turnamen-turnamen itu di antaranya adalah Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF Putri, dan Piala AFF U-18 Putri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan