kumparan
search-gray
Bola & Sports29 Juni 2020 11:50

Piala AFF Dipastikan Bentrok dengan Liga 1: Sudah Biasa, Bukan?

Konten Redaksi kumparan
Timnas Indonesia melawan Thailand di AFF 2018
Timnas Indonesia menyalami suporter di Stadion Rajamangala, Thailand. Foto: ANTARAFOTO/Akbar Nugroho Gumay
Untuk kesekian kalinya, kepentingan Timnas Indonesia dengan kompetisi harus berbenturan. Kali ini, perhelatan Piala AFF 2020 dipastikan bentrok dengan Liga 1.
ADVERTISEMENT
PSSI telah memutuskan untuk memulai kembali Liga 1 pada awal Oktober mendatang. Dengan begitu, kompetisi level tertinggi di Tanah Air ini masih akan tetap berjalan selama Piala AFF, yang berlangsung pada 23 November-31 Desember 2020.
“Pada Desember ada Piala AFF dan kualifikasi Piala Dunia 2022, seminggu sebelumnya akan ada pemusatan latihan. Paling ada waktu yang bersinggungan, memang itu menjadi permasalahan. Nanti kami betul-betul diskusikan dengan jadwal kompetisi yang ada, kami akan sesuaikan nanti. Itu yang kemarin jadi pemikiran kami,” ujar Ketua Umum PSSI M. Iriawan.
Bentroknya jadwal Piala AFF dengan kompetisi sejatinya sudah menjadi kebiasaan. Pada 2016 misalnya, ketika FIFA membekukan PSSI, Indonesia Soccer Championship (ISC) A dan B dihelat sebagai ganti QNB League yang terhenti pada 2015.
ADVERTISEMENT
Ketika itu, ISC berjalan beriringan dengan Piala AFF 2016 yang berlangsung di Filipina pada 19 November-17 Desember. Alhasil, Timnas Indonesia harus mengalah dengan hanya boleh membawa maksimal dua pemain dari dua klub ISC.
Lipsus, Naturalisasi, Alfred Riedl
Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kondisi itu sempat dikeluhkan pelatih Alfred Riedl. Pasalnya, ISC bukanlah kompetisi resmi. Saat itu, skuat ‘Garuda’ berhasil melaju ke final sebelum dikandaskan Thailand.
Kondisi serupa kembali terulang pada perhelatan Piala AFF 2018 pada 8 November-15 Desember. Meski tak membatasi pemanggilan pemain, Liga 1 tetap berjalan seperti biasa.
Hal itu bahkan sempat disorot negara lain karena hanya di Indonesia kompetisinya masih berjalan ketika Piala AFF berlangsung. Saat itu, Beto Goncalves dan kolega harus puas terhenti di fase grup.
PTR-Latihan Timnas Senior Indonesia
Pemain Timnas Indonesia mengikuti sesi latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Lantas, akankah Timnas Indonesia kembali tarik-menarik kepentingan dengan klub di Piala AFF tahun ini? Menarik dinantikan.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white