kumparan
22 Oktober 2019 22:40

Piala AFF Futsal: Indonesia Gagal Manfaatkan Kesalahan Vietnam

Timnas futsal Indonesia, POTRAIT
Selebrasi pemain timnas futsal Indonesia usai mencetak gol. Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia bermain seri 0-0 ketika berjumpa tuan rumah Vietnam di laga kedua Grup B Piala AFF Futsal 2019, Selasa (22/10/2019). Raihan satu poin itu membuat tim futsal Merah-Putih masih bertengger di peringkat kedua klasemen dengan empat poin.
ADVERTISEMENT
Kensuke Takahashi—pelatih Timnas Indonesia—menyebut anak asuhnya belum maksimal mengonversi peluang menjadi gol.
“Ini pertandingan bagus melawan tim tuan rumah. Saya pikir hasil seri ini berkat kerja bagus dari tim. Kami punya banyak peluang. Tim lawan banyak membuat kesalahan, tapi sangat disayangkan kami tak bisa memanfaatkan kesalahan tersebut,” ujar Takahashi selepas laga.
Timnas futsal Indonesia saat menghadapi Vietnam
Timnas futsal Indonesia saat menghadapi Vietnam di Piala AFF Futsal 2019, Selasa (22/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Meski begitu, pelatih asal Jepang itu mengapresiasi kerja keras skuatnya. Takahashi secara khusus menyoroti penampilan kiper yang bisa mementahkan segala peluang Vietnam. “Vietnam punya banyak peluang. Saya berterima kasih kepada kiper yang bermain baik,” katanya.
Lebih lanjut, Takahashi menuturkan dua kiper andalan Timnas Futsal, Muhammad Iksan Rahadian dan Muhammad Albagir, punya peran penting di laga ini. Tak cuma soal menghalau serangan, duo kiper Timnas itu juga sanggup mengatur permainan dari bawah mistar.
ADVERTISEMENT
“Mereka meningkat sangat bagus. Itu alasannya mereka tampil bagus di dua laga,” tutur Takahashi.
Timnas futsal Indonesia saat menghadapi Vietnam
Timnas futsal Indonesia saat menghadapi Vietnam di Piala AFF Futsal 2019, Selasa (22/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Pada Piala AFF Futsal 2019 ini jadwal sangat padat. Timnas Indonesia harus bermain setiap hari. Tak heran, Takahashi pening memikirkan program tim agar mendapat hasil terbaik.
“Kami harus menyesuaikan laga untuk mendapatkan hasil terbaik. Kami ingin menang. Namun, kami harus memikirkan banyak faktor, seperti kelelahan pemain. Jadi, ada perubahan rencana dan tentu saja hasil seri ini sudah bagus dengan keadaan tersebut,” jelas Takahashi.
Timnas Futsal Indonesia akan menjalani partai terakhir Grup B kontra Australia pada Rabu (23/10/2019). Kemenangan menjadi harga mati demi kelolosan ke semifinal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan