kumparan
24 Oktober 2019 15:05

Piala AFF: Timnas Futsal Indonesia Hadapi Myanmar di Semifinal

POTRAIT, Timnas futsal Indonesia, AFF Futsal 2019
Timnas futsal Indonesia saat hadapi Australia di laga terakhir Grup B Piala AFF Futsal 2019, Rabu (23/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Perjalanan Indonesia di Grup B Piala AFF Futsal 2019 berujung manis. Tim Merah-Putih berhasil menjadi juara grup dan akan berjumpa Myanmar di semifinal pada Jumat (25/10/2019).
ADVERTISEMENT
Partai terakhir Grup B pada Rabu (23/10/2019) menjadi penentu pemuncak klasemen. Indonesia berjumpa Australia, sedangkan Vietnam menghadapi Malaysia.
Sebelum bertarung di laga terakhir grup, dua penghuni atas klasemen diisi Vietnam dan Indonesia yang punya koleksi angka sama, yaitu empat poin.
Detailnya, tim Merah-Putih meraup tiga poin ketika bertemu Malaysia (3-2) dan bermain seri 0-0 kontra Vietnam. Sementara tuan rumah Vietnam menang 2-0 melawan Australia dan mendapat satu poin saat bentrok dengan Indonesia. Artinya, Vietnam punya selisih gol lebih baik (+2) dari Indonesia (+1).
Kemenangan besar atas Australia menjadi harga mati agar Indonesia merebut puncak klasemen. Motivasi itu membuat tim Merah-Putih tampil trengginas.
Timnas futsal Indonesia, AFF Futsal 2019
Timnas futsal Indonesia berhasil menang usai lawan Australia di laga terakhir Grup B Piala AFF Futsal 2019, Rabu (23/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Indonesia melibas Australia 8-3. Tim 'Merah-Putih' pun mengoleksi tujuh poin dengan selisih gol +6.
ADVERTISEMENT
"Benar-benar pertandingan yang sulit. Saya harus mengapresiasi pemain yang telah bekerja keras. Mereka berhasil mengaplikasikan skema. Saya bangga sekali dengan mereka,” ujar Pelatih Indonesia, Kensuke Takahashi, selepas laga.
Di laga lain, Vietnam cuma menang 4-2 kontra Malaysia. Tuan rumah punya selisih gol +4, lebih kecil dibanding Indonesia.
Hasil itu membuat Indonesia menjadi pemuncak klasemen. Myanmar sebagai runner-up Grup A menanti di semifinal.
Myanmar memang bukan lawan tangguh. Mereka ditekuk sembilan gol tanpa balas oleh Thailand pada laga terakhir Grup A.
Meski demikian, Takahashi menegaskan tak boleh memandang remeh. Pelatih asal Jepang itu tentu ingin kualitas mental yang ditunjukkan ketika melawan Australia muncul lagi.
Timnas futsal Indonesia, AFF Futsal 2019
Timnas futsal Indonesia berselebrasi usai lawan Australia di laga terakhir Grup B Piala AFF Futsal 2019, Rabu (23/10/2019). Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
"Waktu lawan Australia, sempat ada kesalahan di mana kami banyak melakukan pelanggaran. Itu akan menjadi bahan evaluasi. Saya juga mencoba power play untuk mengulur waktu, tapi ternyata tidak berhasil dan kami kebobolan. Namun, saya bangga dengan pemain. Kesalahan saya bisa mereka tutupi dan perbaiki dengan tenang hingga mampu memberikan kemenangan ini,” kata Takahashi.
ADVERTISEMENT
Jalan menunggu tangga juara sudah dekat. Bila sukses membungkam Myanmar, Indonesia akan ke final pada 27 Oktober untuk berebut gelar Piala AFF Futsal 2019 dengan pemenang laga Thailand versus Vietnam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan