kumparan
22 Oktober 2019 18:23

Piala AFF: Timnas Futsal Tahan Imbang Vietnam Tanpa Gol

Timnas futsal Indonesia, POTRAIT
Selebrasi pemain timnas futsal Indonesia usai mencetak gol. Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia bermain imbang tanpa gol dengan tuan rumah Vietnam. Kedua tim bermain pada laga kedua babak penyisihan Piala AFF Futsal 2019 di Phú Thọ Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, Selasa (22/10/2019) sore WIB.
ADVERTISEMENT
Berkat hasil imbang tersebut, Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan empat angka. Randy Satria dan kolega kalah selisih gol dari Vietnam yang pada pertandingan perdana sukses mengalahkan Australia dengan skor 2-0.
***
Tidak ada perubahan dalam susunan starting five Timnas Indonesia di laga kedua. Pelatih Indonesia, Kensuke Takahashi, masih mempertahankan dua anchor di laga versus Vietnam ini.
Indonesia tampil menunggu di awal pertandingan. Tak ada pressing saat pemain Vietnam menguasai bola di daerah pertahanan mereka. Namun, Vietnam yang menguasai bola kesulitan menembus pertahanan Indonesia.
Timnas Futsal Indonesia melawan Vietnam
Timnas Futsal Indonesia melawan Vietnam. Foto: Twitter/@AFFPresse
Satu peluang didapat Vietnam di menit kelima. Beruntung, sepakan pemain Vietnam di dalam kotak penalti masih bisa diselamatkan Ikhsan Rahardian.
Indonesia sendiri lebih banyak melakukan serangan balik dalam menyerang. Kekuatan pivot Indonesia yang diisi oleh Andri Kustiawan dimanfaatkan dengan betul untuk menyerang.
ADVERTISEMENT
Salah satu peluang di menit ketujuh didapat oleh Andri. Namun, bola masih ditangkap penjaga gawang.
Vietnam menguasai pertandingan pada sisa waktu babak pertama. Barikade pertahanan yang terlalu dalam membikin Vietnam sering melakukan tendangan-tendangan jarak jauh. Akan tetapi, Ikhsan masih sangat gemilang dan membuat babak pertama berakhir tanpa gol.
Pada babak kedua, Indonesia tampil dengan tempo yang lebih cepat. Tampilnya Ardiansyah Runtuboy membuat Indonesia tampil lebih agresif. Dua peluang didapat oleh Subhan Faidasa. Namun, bola masih melambung di atas gawang Vietnam.
Vietnam pelan-pelan bisa mengatasi serangan Indonesia. Tim tuan rumah lebih banyak melakukan kontak fisik untuk menghentikan kecepatan-kecepatan pemain Indonesia.
Vietnam memiliki kesempatan emas untuk membuat gol pertama. Berhadapan satu lawan satu dengan Ikhsan, tendangan pemain Vietnam malah melenceng di samping gawang.
ADVERTISEMENT
Timnas kesulitan untuk keluar dari pressing pemain-pemain Vietnam. Bambang Bayu Saptaji dan kolega keseringan salah umpan yang membuat bola kembali dikuasai pemain lawan.
Timnas futsal Indonesia, Malaysia di Piala AFF Futsal 2019
Timnas futsal Indonesia saat bertanding melawan Malaysia di Piala AFF Futsal 2019. Foto: Dok. Federasi Futsal Indonesia
Hanya lewat bola mati dan aksi-aksi individu Timnas bisa memberikan bahaya ke pertahanan Vietnam. Salah satunya peluang melalui aksi individu Subhan. Namun, bola belum menembus gawang Vietnam.
Pada babak kedua ini, kedua tim juga tak mampu membuat gol. Pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 0-0.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan