kumparan
10 Jan 2019 1:52 WIB

Piala Asia: Jepang, Uzbekistan, Qatar Berjaya di Laga Pertama

Pemain-pemain Jepang rayakan gol ke gawang Turkmenistan. (Foto: Khaled DESOUKI / AFP)
Timnas Jepang berhasil meraih tripoin di laga perdana Grup F Piala Asia 2019. Melawan Timnas Turkmenistan di Al Nahyan Stadium, Rabu (9/1/2019) malam WIB, tim berjuluk Samurai Blue itu memenangi laga dengan skor tipis 3-2.
ADVERTISEMENT
Jepang terus menjadi bulan-bulanan penyerang Turkemistan selama babak pertama. Pada akhirnya, upaya Turkmenistan menunjukkan tuahnya pada menit ke-26. Dengan ruang tembak teramat luas, Arslanmyrat Amanov mampu melancarkan tembakan jarak jauh yang gagal ditepis kiper Shuici Gonda.
Dalam urusan bertahan, Turkmenistan juga tak kalah apik. Keputusan untuk merapatkan jarak antarlini tak jauh dari kotak penalti ketika diserang membuat penyerang-penyerang Jepang kesulitan menembus pertahanan lawan.
Setelah tertinggal 0-1 pada babak pertama, Jepang berusaha keras mengontrol laga sejak awal babak kedua. Ikthiar Jepang menujukkan hasilnya pada menit ke-55. Ketika menerima umpan Genki Haraguchi, Yuya Osako tengah mendapatkan tekanan dari empat pemain belakang Turkmenistan.
Untuk lepas dari kawalan, Osako melakukan fake shot. Aksi tersebut membuat bek-bek Turkmenistan panik, dan striker Werder Bremen itu bisa melancarkan tembakan berujung gol dengan leluasa. Setelah gol itu, segalanya menjadi mudah bagi Jepang.
ADVERTISEMENT
Osako bisa mencetak gol lagi ketika laga berjalan 60 menit berbekal umpan dari Yuto Nagatomo. Kemudian Cruyff Turn ala Ritsu Doan dan tembakan berujung gol membaut Jepang unggul 3-1 pada menit ke-70.
Keunggulan ini membuat Jepang nyaman, tetapi kondisi inilah yang membuat Turkmenistan bisa mencetak gol empat menit kemudian. Prosesnya bermula dari aksi dribel Altymyrat Annadurdyyew dengan leluasa yang membuatnya berhadapan satu lawan satu dengan kiper Gonda.
Ketika mencoba menghentikan Annadurdyyew, Gonda malah melakukan kontak fisik berujung pelanggaran di kotak penalti. Setelahnya, Ahmet Atayew sukes menjadi eksekutor penalti. Setelah kebobolan, Jepang kembali fokus sehingga kemenangan tak tergelincir dari tangan mereka.
Uzbekistan Berpeluh Taklukkan Oman
Pemain-pemain Uzbekistan rayakan kemenangan tipis atas Oman. (Foto: Karim Sahib / AFP)
Jepang bukan satu-satunya tim yang meraih kemenangan di pertandingan perdana Grup F Piala Asia 2019. Melawan Timnas Oman di Al-Sharjah Stadium, Timnas Uzbekistan meraih kemenangan 2-1. Karena kalah dalam urusan selisih gol dari Jepang, Uzbekistan berada di posisi kedua Grup F.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan hasil ini, peluh mengucur deras dari tubuh pemain-pemain Uzbekistan. Sebagai bukti, tim berjuluk White Wolves itu hanya melancarkan 6 tembakan. Bandingkan dengan Oman yang mampu melancarkan 18 tembakan berbekal 60% penguasaan bola.
Agresivitas serangan Oman bahkan sudah terlihat di awal laga. Meski begitu, Uzbekistan-lah yang mampu mencetak gol duluan. Tepatnya pada menit ke-34, Odil Ahmedov sanggup mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas.
Setelah kebobolan, intensitas serangan Oman kian meningkat. Upaya itu baru terbayar ketika laga berjalan 72 menit. Memanfaatkan umpan terobosan dari Ali Al-Busaidi, Muhsen Al-Ghassani bisa mencetak gol dalam situasi satu lawan satu.
Terus menyerang membuat pertahanan Oman rentan pada menit akhir. Memanfaatkan kondisi itu, Eldor Shomurodov bisa mencetak gol penentu kemenangan Uzbekistan lima menit sebelum babak kedua habis.
ADVERTISEMENT
Qatar (Juga) Menang di Laga Perdananya
Pemain-pemain Timnas Qatar rayakan kemenangan atas Timnas Lebanon. (Foto: Giuseppe CACACE / AFP)
Seperti dua tim tadi, Timnas Qatar juga meraih kemenangan di laga perdana Piala Asia. Menghadapi Timnas Lebanon di Grup E, tim berjuluk Al-Annabi itu memenangi laga ini dengan skor 2-0. Karena kalah selisih gol dari Arab Saudi, Qatar berada di posisi kedua Grup E.
Laga ini mulanya tak berjalan mulus bagi Qatar. Meski terus mendominasi serangan, mereka gagal mncetak gol pada babak pertama. Melengkapi nestapa itu, Ali Hamam mencetak gol pertama Lebanon pada menit ke-37 tak lama setelah tendangan sudut dilancarkan. Qatar beruntung karena gol tersebut dianulir wasit.
Peruntungan Qatar membaik pada babak kedua. Melalui eksekusi tendangan bebas Bassam Al-Rawi pada menit ke-65, gol pertama Qatar tercipta. Setelah gol itu, Qatar memegang kendali. Pada menit ke-79, Almoez Ali bisa mencetak gol usai tembakan Abdulaziz Hatem ditepis kiper Mehdi Khalil.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan