kumparan
16 April 2019 15:36

Piala Indonesia: PSSI Upayakan Jadwal Persija Tak Bentrok AFC Cup

Pemain Persija Jakarta bersiap foto bersama sebelum melawan Becamex Binh Duong dari Vietnam pada laga pertama Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (26/2). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Piala Indonesia barangkali bukan ajang yang menyenangkan bagi Persija Jakarta dan PSM Makassar. Mereka harus memecah konsentrasi lantaran juga berjibaku di AFC Cup 2019.
ADVERTISEMENT
Merujuk jadwal, Persija dan PSM--yang memastikan satu tiket ke perempat final di Piala Indonesia--harus berlaga dalam rentang waktu 23 April hingga 3 Mei. Pada kurun waktu yang bersamaan, mereka juga berlaga di babak grup AFC Cup.
Persija bisa menjadi tim yang paling tak diuntungkan. Pada Selasa (23/4), mereka akan menjamu wakil Filipina, Ceres Negros, di laga keempat Grup G.
Kesulitan Persija terkait jadwal coba diatasi oleh PSSI. Melalui keterangan resmi Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, federasi mengupayakan agar jadwal Persija di Piala Indonesia dan AFC Cup tidak bentrok.
''Kami sudah komunikasikan persoalan ini ke Persija dan juga pelatih mereka. Sebelumnya, kami juga sudah sempat bicarakan. Dan khusus Persija, kemungkinan tak bermain pada hari di mana mereka berlaga di AFC,'' kata Tisha.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan Persija, PSM yang akan berhadapan dengan Bhayangkara FC tidak akan mengalami perubahan jadwal. Sebabnya, tim beralias 'Pasukan Ramang' akan menjajal Kaya FC pada 17 April mendatang. Kendati demikian, Tisha mengatakan bahwa komunikasi tetap berjalan dua arah dengan PSM.
Hingga saat ini, PSSI selaku panitia penyelenggara Piala Indonesia belum menelurkan jadwal babak delapan besar Piala Indonesia. Rencananya, jadwal akan dirilis pada Selasa (16/4), malam WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan