kumparan
10 Juli 2019 18:26

Polisi Amankan Sosok Terduga Bobotoh di Stadion GBK

Persija Jakarta, Persib Bandung, Pengamanan
Polisi memasangkan gelang tiket pada penonton pertandingan Liga-1 Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (10/7). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sudah menjadi ketetapan bahwa suporter Persib Bandung alias Bobotoh tak boleh menghadiri laga melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (10/7/2019) sore WIB. Demikianlah diamini oleh Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Tujuannya tentu saja menghindari korban jiwa seperti yang sudah-sudah. Karena total 7 nyawa telah melayang akibat rivalitas kelompok suporter kedua tim sejak 2012.
Selain melakukan pelarangan, pihak keamanan yang bergerak cepat apabila ada sosok yang diduga merupakan Bobotoh di arena pertandingan. Salah satu contohnya yakni momen di sisi kiri tribune media pada menit ke-75.
Pihak Polisi dan TNI mengamankan seseorang yang diduga Bobotoh di SUGBK
Pihak Polisi dan TNI mengamankan seseorang yang diduga Bobotoh di SUGBK, Jakarta, Rabu (10/7). Foto: Alan Kusuma/kumparan
Ribut-ribut seketika pecah tatkala seorang penonton yang diketahui berbaju biru dan bercelana cokelat diteriaki oleh kelompok suporter Persija. Di sana, ada pihak keamanan gabungan Polisi dan TNI yang berupaya mengamankan, tetapi mereka sedikit kesulitan lantaran tribune disesaki penonton.
Kejadian ini menyulut emosi para pendukung Persija. Ada beberapa lemparan tisu gulung dan plastik berisi air datang dari tribune atasnya ke arah kerumunan.
ADVERTISEMENT
Untungnya, saat yang sama juga menghadirkan gol Marko Simic di lapangan. Lesakan pada menit ke-75 itu membuat Persija unggul, sebelum Persib menyamakan kedudukan di periode injury time. Perayaan atas gol Simic itulah yang membuat pihak keamanan agak leluasa mengamankan sosok terduga Bobotoh.
Persija Jakarta, Persib Bandung
Selebrasi pemain Persija Jakarta usai mencetak gol ke gawang pemain Persib Bandung pada laga pertandingan Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Hingga berita ini diturunkan, pihak keamanan masih mengidentifikasi sosok yang diduga adalah pendukung Persib itu.
Sebelum pertandingan, pihak keamanan juga sempat menemukan 30 orang terduga Bobotoh dari Sukabumi. Mereka menggunakan atribut Jakmania dan ditengarai berencana menonton pertandingan di stadion.