kumparan
14 Oktober 2019 20:12

Portugal vs Ukraina: Berharap Tuah Ronaldo

Timnas Portugal
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, melepas temabakan. Foto: REUTERS/Rafael Marchante
Timnas Portugal akan menjalani laga penting pada Selasa (15/10/2019) dini hari WIB. Sudah ada Ukraina yang menunggu mereka dalam lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa.
ADVERTISEMENT
Ukraina, sejauh ini, sukses mengangkangi Portugal sebagai pemuncak klasemen Grup B. Mereka meraih 16 poin dari 6 laga, berselisih lima poin dari Selecao das Quinas yang berada di posisi kedua.
Selepas gagal mentas di ajang Piala Dunia 2018, performa Ukraina bisa dibilang menanjak. Tercatat, dalam berbagai laga internasional yang mereka lakoni sejak Oktober 2018, Ukraina baru sekali menelan kekalahan dari 10 laga yang sudah dilakoni.
Moncernya penampilan Ukraina ini tak lepas dari peran Andriy Shevchenko di kursi kepelatihan. Menjadi pelatih Ukraina sejak 2016, ia sukses membuat 'Si Biru-Kuning' jadi tim yang disegani di ajang Kualifikasi Piala Eropa 2020 ini.
Dengan segala prestasi dan juga potensi ancaman yang mereka sajikan, Ukraina dapat jadi ganjalan bagi Portugal. Apalagi, di pertemuan pertama kualifikasi, Ukraina sukses menahan Portugal di Lisbon.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa yang bisa Portugal lakukan untuk mengatasi perlawanan Ukraina? Mereka bisa kembali berharap pada tuah pemain bintang sekaligus kapten mereka, Cristiano Ronaldo.
Seperti halnya di ajang UEFA Nations League, di babak kualifikasi ini Ronaldo kembali menunjukkan taji. Dari 5 laga yang sudah dilalui, total Ronaldo sudah mencetak 6 gol. Ada juga catatan unik yang terselip di balik gol-gol Ronaldo ini.
Sepanjang babak kualifikasi, total 3 kemenangan dan 2 hasil imbang sudah diraih Portugal. Uniknya, saat mereka meraih hasil imbang--yakni kontra Ukraina dan Serbia--, Ronaldo tidak mencetak gol.
Sedangkan ketika Ronaldo menyumbang gol, dengan rincian satu gol saat bersua Serbia di pertemuan kedua, empat gol kala bersua Lithuania, dan satu gol ketika menghadapi Luksemburg, Portugal mampu meraih kemenangan.
ADVERTISEMENT
Portugal
Jose Fonte merayakan gol Portugal yang dicetak Cristiano Ronaldo. Foto: REUTERS/Susana Vera
Maka, di laga nanti, tak ada salahnya Portugal kembali berharap pada magi Ronaldo. Apalagi, mereka juga membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020.
Sejauh ini, posisi Portugal di klasemen belum sepenuhnya aman. Tempat mereka masih bisa digeser Serbia yang berjarak empat poin dengan mereka di peringkat ketiga Grup B.
Jika mereka meraih hasil imbang di laga lawan Serbia, sedangkan di laga lain Serbia sukses mengalahkan Lithuania, maka langkah mereka untuk lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 akan sedikit terjal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan