kumparan
Bola & Sports13 Maret 2020 15:56

Prediksi Derbi Merseyside: Everton Berpeluang Jungkalkan Liverpool

Konten Redaksi kumparan
[PORTRAIT] Gylfi Sigurdsson
Gylfi Sigurdsson (kiri) merayakan gol Everton ke gawang Liverpool. Foto: REUTERS/Scott Heppell
Derbi Merseyside hampir selalu milik Liverpool, setidaknya dalam enam pertemuan terakhir di berbagai ajang. The Reds memenangi empat di antaranya, sementara dua sisanya berakhir imbang.
ADVERTISEMENT
Namun, Everton punya peluang buat memutus tren buruk itu pada Selasa (17/3/2020) dini hari WIB. Oke, oke... The Toffees memang tak cukup konsisten. Cuma satu angka yang mereka raih pada tiga kesempatan terakhir --termasuk dengan kekalahan 0-4 dari Chelsea pekan lalu.
Namun, Liverpool juga mengalami musibah yang sama, lebih parah malah. Pasukan Juergen Klopp itu menelan empat kekalahan dalam enam pertandingan ke belakang.
Makin kritis karena Liverpool kebobolan 12 kali dan cuma memasukkan 7 gol dalam rentang waktu tersebut. Cukup membuktikan betapa buruknya pertahanan mereka sekarang.
Liverpool
Para pemain Liverpool tertunduk lesu usai disingkirkan Atletico Madrid dari babak 16 Liga Champions 2019/20. Foto: Paul ELLIS / AFP
Kekalahan dari Atletico Madrid pada tengah pekan lalu jadi yang terbaru. Di sana tampak bahwa lini belakang Liverpool kehilangan keseimbangan, khususnya transisi menyerang ke bertahan dari divisi full-back. Itulah mengapa skema serangan balik Atletico berjalan mulus. Wong, celah pertahanan Liverpool saja menganga.
ADVERTISEMENT
Sudah jadi rahasia umum kalau Klopp menggunakan Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson sebagai kreator serangan. Bahkan, full-back yang disebut pertama itu bisa dibilang sebagai playmaker tim.
Itu jelas menimbulkan efek samping; semakin tinggi intensitas Alexander-Arnold dan Robertson dalam melakukan overlap, makin riskan juga tepi pertahanan Liverpool dieksploitasi lawan.
Derbi Merseyside
Liverpool vs Everton. 5 Desember 2019. Foto: REUTERS/Scott Heppell
Nah, Everton punya kans untuk mengobok-obok titik lemah Liverpool itu. Pakem 4-4-2 yang diandalkan Carlo Ancelotti memang cenderung menggunakan tepi sayap sebagai jalur serangan mereka.
Itu terpapar dari besaran kontribusi Lucas Digne sebagai pemrakarsa kans tertinggi: 2,2 per laga. Lalu ada Bernard dan Richarlison. Pemain yang disebut belakangan itu berperan vital dalam sektor serangan Everton. Pemuda asal Brasil itu juga aktif mencetak gol selain menciptakan peluang.
ADVERTISEMENT
Jangan lupakan juga eksistensi Djibril Sidibe. Sudah 4 assist dibikin oleh full-back yang dipinjam dari AS Monaco itu --terbanyak kedua setelah Digne. Sidibe bakal jadi alternatif di tepi kanan andai sisi kiri Everton mengalami kebuntuan.
Last but not least, tentu saja Dominic Calvert-Lewin. Dia adalah penampil terbaik di tengah performa Everton yang angin-anginan. Striker berusia 22 tahun itu sukses mencetak 5 gol dalam 7 laga terbaru. Bila ditotal, torehannya mencapai 13 --tertinggi di Everton sejauh ini.
Dominic Calvert-Lewin
Penyerang Everton, Dominic Calvert-Lewin, saat merayakan gol ke gawang Burnley Foto: Molly Darlington
Calvert-Lewin punya peluang untuk menambah pundi-pundi golnya di Goodison Park esok. Salah satu alasannya, karena Liverpool masih belum bisa memainkan Alisson Becker. So, bisa dipastikan Adrian San Miguel yang bakal mengisi pos palang pintu terakhir mereka.
ADVERTISEMENT
Kita tahu, performa kiper asal Spanyol itu cukup jomplang dengan Alisson. Catatan blunder-nya di tiga laga bisa menjadi acuan (Watford, Chelsea, dan Atletico).
Namun, bukan berarti Liverpool akan benar-benar ompong. Mereka masih bisa mengandalkan Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane sebagai produsen gol.
Liverpool vs Everton
Para pemain Liverpool rayakan gol menit akhir Divock Origi ke gawang Everton. Foto: REUTERS/Phil Noble
Selain itu, Divock Origi juga tak bisa dikesampingkan. Eks pemain Lille itu sudah berkontribusi langsung di 5 dari 7 gol terakhir Liverpool di Derbi Merseyside pada lintas kompetisi. Rinciannya, 4 gol dan 1 assist.
===
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini.
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID.
ADVERTISEMENT
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan MolaTV, dan jersi original.