kumparan
search-gray
Bola & Sports4 Mei 2020 0:12

Premier League 2019/2020: Sejumlah Klub Minta Degradasi Ditiadakan

Konten Redaksi kumparan
Premier League 2019/2020: Sejumlah Klub Minta Degradasi Ditiadakan (569674)
Trofi Premier League. Foto: Ben STANSALL / POOL / AFP
Mengacu laporan BBC, beberapa klub Premier League keberatan andai harus menyelesaikan liga musim ini di tempat netral. Salah satunya ialah Brighton and Hove Albion.
ADVERTISEMENT
"Kami sangat mengerti mengapa pertandingan harus digelar tanpa penonton. Tapi, bagi kami, di fase kritis seperti sekarang, bermain di tempat netral dapat merusak integritas kompetisi ini," kata Paul Barber, petinggi Brighton, kepada BBC.
"Tampil tanpa 27 ribu fans di stadion saja sudah menjadi kerugian buat kami. Apalagi, kalau kami harus menjalani laga di tempat netral," imbuh eks Direktur Eksekutif Tottenham Hotspur itu.
Selain Brighton, West Ham juga menolak wacana menggelar laga di tempat netral. Nah, kedua tim ini sama-sama sedang berjuang lepas dari jerat degradasi. Saat ini, Brighton di posisi ke-15 dengan 29 poin dan West Ham di posisi ke-16 dengan 27 poin.
Premier League 2019/2020: Sejumlah Klub Minta Degradasi Ditiadakan (569675)
Bola resmi Premier League 2019/20. Foto: Reuters/Lee Smith
Brighton, West Ham, dan tim-tim lain yang juga sedang berusaha selamat dari degradasi, khawatir mentalitas tim saat bertanding akan menurun jika tampil di venue netral. Selain itu, tim-tim ini resah dengan ancaman kerugian jika turun level ke Championship.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, sejumlah tim pun mengusulkan ide Premier League tanpa degradasi jika harus digelar di tempat netral. Dengan ide ini, nanti bakal ada 22 atau 23 tim di Premier League musim depan. Nah, 2 dan 3 tim tambahan itu datangnya dari Championship.
In case you missed it, menggelar pertandingan di venue netral ini merupakan bagian dari protokol Project Restart. Dalam Project Restart, Premier League menyusun sejumlah rencana supaya liga musim ini dapat berakhir dengan aman.
Stadion-stadion yang akan digunakan mesti mendapatkan sertifikat keamanan (Sports Grounds Safety Authority). Sejauh ini, baru 8-10 stadion yang punya peluang mendapatkan izin itu.
Premier League sendiri telah berhenti bergulir pada 13 Maret lalu karena pandemi virus corona. Rencananya, kompetisi level teratas di Inggris itu bakal kembali terlaksana paling lambat 13 Juni.
ADVERTISEMENT
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white