Bola & Sports
·
22 Oktober 2020 20:37

Prof Wiku: Liga 1 Belum Bergulir demi Keselamatan & Kesehatan Bersama

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Prof Wiku: Liga 1 Belum Bergulir demi Keselamatan & Kesehatan Bersama (13862)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, turut buka suara terkait belum bergulirnya Liga 1 2020. Agenda sepak bola nasional itu sedianya digelar 1 Oktober 2020, tetapi terkendala sejumlah urusan teknis, terutama, ya, pandemi corona.
ADVERTISEMENT
Menurut Wiku, agenda apa saja, termasuk sepak bola, jika menjalankan protokol kesehatan sah-sah saja dilakukan. Hanya, untuk soal sepak bola nasional, perlu adanya garansi dari sejumlah pihak.
''Dalam pelaksanaan liga tersebut, perlu adanya kepatuhan dari seluruh komponen terkait penyelenggaraan sepak bola atau seluruh yang terkait dengan sepak bola, federasi, klub, hingga suporter,'' tutur Wiku saat sesi tanya jawab di Graha BNPB, Kamis (22/10).
Prof Wiku: Liga 1 Belum Bergulir demi Keselamatan & Kesehatan Bersama (13863)
Pertandingan Liga 1 2019 antara Persija Jakarta vs Tira-Persikabo di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Minggu (3/11). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Omong-omong soal penetapan protokol kesehatan federasi sepak bola nasional, PSSI dan PT LIB sudah membuat regulasi soal berkompetisi di tengah pandemi. WHO hingga regulasi protokol kesehatan sepak bola Jerman, jadi rujukan.
Namun demikian, lanjutan Liga 1 belum bisa dilakukan. Hal itu menyusul tak turunnya izin keramaian dari pihak kepolisian.
ADVERTISEMENT
''Terkait pemberian izin pertandingan sepak bola, perlu adanya koordinasi lebih lanjut antara PSSI dan LIB dengan Kepolisian, dan mempertimbangkan pula status zonasi, di mana pertandingan sepak bola tersebut akan dilakukan,'' ujar Wiku.
''Juga perlu diingat, bahwa keputusan penundaan yang dilakukan adalah untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama,'' dia menuturkan.
---