Bola & Sports
·
10 Juni 2021 17:26
·
waktu baca 1 menit

Profil Angelo Alessio, Eks Asisten Antonio Conte yang Kini Latih Persija

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Angelo Alessio, Eks Asisten Antonio Conte yang Kini Latih Persija (233901)
Angelo Alessio. Foto: SERGEI SUPINSKY / AFP
Persija akhirnya memiliki pelatih baru. Dalam konferensi pers yang dilakukan Presiden Persija, Mohammad Prapanca, Kamis (10/6) sore WIB, mereka mengumumkan Angelo Alessio sebagai juru taktik anyar.
ADVERTISEMENT
"Pelatih Persija untuk Liga 1 2021 adalah Angelo Alessio dari Italia," ucap Prapanca di YouTube Persija, Kamis (10/6).
Lalu, siapa sebenarnya Angelo Alessio?
Setelah pensiun sebagai pemain, Alessio menjadi salah satu staf kepelatihan Napoli pada 2004. Ia kemudian berkolaborasi dengan Antonio Conte di Siena enam musim setelahnya.
Mulai dari situ, Alessio selalu mengikuti jejak Conte, termasuk ketika menjadi asistennya di Juventus. Pada saat itu, Alessio juga turut membantu 'Si Nyonya Tua' menjadi juara Liga Italia tiga kali beruntun.
Ketika Conte ditunjuk menjadi pelatih Timnas Italia di Euro 2016, kepercayaannya terhadap Alessio tak luntur. Sayang, Gli Azzurri kudu tumbang di perempat final oleh Jerman via adu penalti.
Profil Angelo Alessio, Eks Asisten Antonio Conte yang Kini Latih Persija (233902)
Angelo Alessio, tangan kanan Antonio Conte. Foto: Marco Luzzani
Conte kemudian pergi ke Chelsea dan Alessio masih juga menjadi tangan kanannya alias sebagai asisten pelatih. Bersama Chelsea, Alessio juga turut memberikan gelar Liga Inggris dan Piala FA.
ADVERTISEMENT
Pada Juni 2019, Alessio akhirnya 'berdiri sendiri'. Ia ditunjuk menjadi pelatih Kilmarnock di Liga Skotlandia. Cuma ada 22 laga yang dimainkannya dengan rasio kemenangan 36 persen.
Di Kilmarnock, Alessio kerap memainkan pola 4-3-3. Gaya main yang menyerang dan mengandalkan penguasaan bola menjadi ciri dari permainannya.
Lalu, akankah Alessio sukses bersama Persija? Menarik dinantikan.