Bola & Sports
·
27 Agustus 2020 11:53

Profil Ben Chilwell, Bukan Penghias Bangku Cadangan Chelsea

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Ben Chilwell, Bukan Penghias Bangku Cadangan Chelsea (288964)
Ben Chilwell merayakan golnya. Foto: REUTERS/David Klein
Chelsea benar-benar tancap gas di bursa transfer musim panas ini. Setelah mendatangkan Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam dan Timo Werner dari RB Leipzig, The Blues secara resmi mendapatkan tanda tangan pemain muda Inggris, Ben Chilwell.
ADVERTISEMENT
Menurut paparan Sky Sports, Chilwell ditebus dengan mahar 50 juta pounds, atau sekitar 970 miliar rupiah dari Leicester City. Ia juga diikat dengan kontrak berdurasi 5 tahun.
Lantas, mampukah Chilwell bersinar bersama si 'London Biru'?
Chilwell merupakan jebolan akademi Leicester City, berangkat dari tim junior, ia akhirnya dipromosikan dan memulai karier profesionalnya bersama The Foxes pada 2015. Kala itu ia masih sangat belia, 18 tahun.
Pemain bernama lengkap Benjamin James Chilwell juga merupakan bagian dari skuat Leicester City saat menjuarai Liga Inggris di musim 2015/2016.
Di bawah asuhan Pelatih Brendan Rodgers, Chilwell perlahan mendapatkan pos utama di Leicester.
Profil Ben Chilwell, Bukan Penghias Bangku Cadangan Chelsea (288965)
Ben Chilwell saat bela Leicester City. Foto: Andy Rain/Pool via REUTERS
Musim lalu, pemain berusia 23 tahun itu mencatat 33 penampilan di lintas ajang. Sementara, jika diakumulasikan sepanjang ia berseragam Leicester City, Chilwell sudah membukukan 163 caps.
ADVERTISEMENT
Berposisi sebagai bek kiri, kehadiran Chilwell jelas akan semakin meramaikan persaingan pos bek kiri Chelsea. Sebab, saat ini Frank Lampard sudah memiliki Marcos Alonso dan Emerson Palmieri yang mengisi pos tersebut. Tak hanya itu, pemain besar lainnya seperti Cesar Azpilicueta juga terkadang dimainkan di posisi tersebut.
Namun, kehadiran Chilwell juga diyakini tak hanya sebagai penghias bangku cadangan. Ya, tiga gol dan empat assist-nya di musim 2019/20, cukup untuk membuktikan bahwa ia juga mampu terlibat dalam situasi menyerang.
Profil Ben Chilwell, Bukan Penghias Bangku Cadangan Chelsea (288966)
Dua pemain muda Leicester City, James Maddison dan Ben Chilwell, saat membela Timnas Inggris. Foto: REUTERS/David Klein
Sementara, di kala bertahan, ia memiliki raihan tekel sukses sebesar 60.5%, intersep sebanyak 28 kali, serta 54 clearance.
Chilwell juga merupakan penggawa Timnas Inggris. Pada 2018, pemain bertinggi 1,78 m tersebut 'naik kelas' ke tim utama The Three Lions setelah sebelumnya bermain untuk tim kelompok usia.
ADVERTISEMENT
Penulis: Mohammad Insan Bagus Laksono