Bola & Sports
·
19 November 2020 12:35

Profil Todd Ferre, Mutiara Papua yang Semakin Dekat ke Liga Thailand

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Todd Ferre, Mutiara Papua yang Semakin Dekat ke Liga Thailand (259573)
Selebrasi Todd Rivaldo Ferre Foto: Zabur Karuru/Antara
Kabar hijrahnya Todd Rivaldo Ferre ke Liga Thailand semakin santer terdengar. Andai proses negosiasinya berjalan lancar, pemain 20 tahun itu akan segera berkiprah di Thai League 2 bersama Lampang FC.
ADVERTISEMENT
Lantas, seperti apa perjalanan karier Todd Ferre hingga mencapai titik ini?
Todd Ferre adalah bakat muda asli tanah Papua. Menariknya, ia memulai perjalannya bersama si kulit bundar justru dari futsal, ketika menimba ilmu di SMU Negeri Olah Raga Papua.
Kala itu, penampilan apiknya di Liga Futsal Nusantara 2017 menjadi gerbangnya menuju Persipura Jayapura. Todd Ferre lalu direkrut Persipura dan bermain untuk tim 'Mutiara Hitam' U-19.
Todd kemudian sukses membawa Persipura menjuarai Liga 1 U-19 pada 2017. Di partai puncak, ia sukses tampil apik dengan mencetak gol kemenangan atas Persib Bandung.
Profil Todd Ferre, Mutiara Papua yang Semakin Dekat ke Liga Thailand (259574)
Pesepak bola Indonesia U19 Todd Rivaldo Alberth Ferre berusaha melewati pemain Filipina U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Tak lama setelah itu, Todd kemudian dipercaya untuk naik kelas ke tim senior Persipura. Ia langsung mentas di gelaran Liga 1 tahun 2018.
ADVERTISEMENT
Namanya semakin dikenal kala masuk dalam skuat Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri untuk berlaga di ajang AFF U-19 2018 dan Piala Asia U-19 2019.
Puncaknya, ketika ia mampu tampil luar biasa di laga melawan Qatar pada Piala Asia U-19. Saat itu, Todd yang masuk sebagai pemain pengganti, sukses mengubah permainan Timnas U-19 dan berhasil mencetak hattrick. Sayang, laga itu berakhir dengan skor 6-5 untuk Qatar.
Todd juga menjadi bagian dari skuat Timnas U-22 yang merengkuh juara Piala AFF 2019. Akan tetapi, namanya menghilang dari skuat Timnas U-23 yang berlaga di SEA Games 2019.
Todd sejatinya masuk ke dalam 40 nama pemain yang didaftarkan sementara ke panpel SEA Games, tetapi ia tak diberangkatkan ke Filipina karena kondisinya saat itu dinyatakan tim pelatih Timnas U-23 belum sepenuhnya fit.
Profil Todd Ferre, Mutiara Papua yang Semakin Dekat ke Liga Thailand (259575)
Todd Rivaldo Ferre bersama pemain Persipura berlatih di Batu, Malang, jelang musim 2020. Foto: dok. Liga Indonesia
Kini, angin segar kembali menghampirinya. Di tengah ketidakpastian lanjutan Liga 1 2020, Todd justru berkesempatan menjajal Liga Thailand.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, salah satu klub yang berlaga di Thai League 2, Lampang FC, berminat meminjamnya dari Persipura.
Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan terbaik untuk karier wonderkid asli Papua ini, mengingat Liga Thailand merupakan salah satu kompetisi paling profesional di Asia Tenggara.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.