kumparan
search-gray
Bola & Sports2 Juni 2020 17:26

PSSI Buka Kemungkinan Liga 1 Digelar September

Konten Redaksi kumparan
PSSI Buka Kemungkinan Liga 1 Digelar September (861036)
Logo resmi Shopee Liga 1 2019. Foto: Dok. Media Indonesia Baru
Nasib kelanjutan Liga 1 2020 masih belum terang. Dalam pertemuan virtual antara PSSI dan klub-klub Liga 1, baru muncul kemungkinan bahwa Liga 1 akan berlanjut pada September 2020.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, PSSI sempat menyebut ada tiga opsi yang akan diambil mengenai kelanjutan kompetisi. Opsi pertama yaitu liga dilanjutkan, lalu opsi kedua liga dihentikan dan diganti dengan turnamen, serta opsi ketiga kompetisi dihentikan total.
Opsi inilah yang disampaikan dalam rapat virtual antara PSSI dan klub Liga 1 yang berlangsung pada Selasa (2/6/2020). Namun, menurut Manajer Persita, I Nyoman Suryanthara, PSSI belum memberikan keputusan pasti terkait kelanjutan Liga 1.
"Ini PSSI belum ada keputusan terkait masalah kompetisi bagaimana. Tadi, sih, masukan dari PT LIB dan PSSI mungkin kompetisi bisa digelar September. Tapi itu masih melihat keadaannya seperti apa," ujar Nyoman kepada wartawan, Selasa (2/6).
PSSI Buka Kemungkinan Liga 1 Digelar September (861037)
Pemain Tira-Persikabo menjalani laga Liga 1 lawan Persita. Foto: Dok. Media Tira-Persikabo
"Kami juga masih mempertanyakan jika kompetisi dilanjutkan statusnya apa, melanjutkan yang sekarang atau yang baru? Kalau lanjut, ya, formatnya seperti apa. Nanti juga bagaimana format pertandinganya apakah home tournament? Kalau diusulkan turnamen lah dicari tempat. Tapi, semua masih dibahas," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dalam rapat virtual itu juga dibahas mengenai kenaikan subsidi menjadi Rp800 juta. Akan tetapi, menurut Nyoman, subsidi ini tergantung pada perkembangan kelanjutan kompetisi seperti apa ke depannya.
"Mungkin masalah subsidi itu dinaikkan, kan rencananya digelar tanpa penonton. Mungkin bisa ringankan beban klub. Namun, bagi kami kalau harus jalan September harus mencari tempat yang aman. Meskipun protokol sudah disiapkan, tapi tak ada yang bisa menjamin di pertandingan nanti," ujar Nyoman.
Persita sendiri mengajukan agar kompetisi Liga 1 berlanjut pada Oktober 2020. Namun, semua tergantung pada kajian yang dilakukan PSSI, termasuk kajian soal persebaran wabah virus corona di tiap-tiap daerah.
"Kalau Persita tetap Oktober (waktu berlanjutnya Liga 1). Tentu sampai dengan Oktober, PSSI melakukan kajian kajian, termasuk masing masing klub di daerahnya bagaimana. Kalau sudah dilihat Agustus atau September bisa sampaikan kajiannya apakah laga tanpa penonton atau tidak," ujar Nyoman.
ADVERTISEMENT
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white