kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juli 2020 16:55

PSSI Siapkan Timnas Asuhan Shin Tae-yong TC di Korea Selatan

Konten Redaksi kumparan
PSSI Siapkan Timnas Asuhan Shin Tae-yong TC di Korea Selatan (1240797)
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Gong Oh-kyun memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
PSSI berencana memboyong para pemain Timnas U-19 Indonesia berlatih ke Korea Selatan. Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, usai berkonsultasi dengan manajer pelatih, Shin Tae-yong.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, sebelum bertolak ke Negeri Gingseng, para penggawa Timnas U-19 harus menjalani serangkaian tes kesehatan. Dua di antaranya adalah rapid test dan swab tes.
''Kami memastikan saat Timnas U-19 kita ke sana tak perlu menjalani isolasi selama 14 hari. Karena di sini pemain kita sudah terbukti sehat semua, dan hasil swab-nya juga ada,'' kata Iriawan di laman PSSI, Kamis (30/7/2020).
PSSI Siapkan Timnas Asuhan Shin Tae-yong TC di Korea Selatan (1240798)
Ketua Umum PSSI M Iriawan mengunjungi pemusatan latihan (TC) Timnas di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (16/7). Foto: PSSI
Sebelumnya, agenda Timnas U-19 ke Korea Selatan bertujuan untuk menjalani pemusatan latihan alias TC. Hanya saja, rencana ini sempat menemui jalan berliku.
PSSI sebelumnya sempat khawatir jika Timnas U-19 ke Korea Selatan, harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Peraturan tersebut menjadi protokol tetap guna mencegah penyebaran COVID-19.
Akan tetapi, PSSI mencari jalan lain. Pada 21 Juli 2020, mereka menyambangi Kedutaan Besar Korea Selatan. Di sana, Iriawan bersama pengurus menemui Pelaksana Tugas Duta Besar Korea Selatan Jeon Jo-young.
PSSI Siapkan Timnas Asuhan Shin Tae-yong TC di Korea Selatan (1240799)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pada pertemuan tersebut, PSSI meminta garansi pada Kedutaan Besar Korea Selatan agar pemain dan ofisial tak menjalani isolasi mandiri. Tujuannya, agar langsung menggelar latihan.
ADVERTISEMENT
''Harapannya, begitu tiba di sana bisa langsung latihan sehingga pemain tak terlalu jenuh berada di dalam ruangan saja,'' kata Iriawan.
Pada hari ini, seluruh pemain Timnas U-19 menjalani tes swab dan rapid tes. Tak hanya mereka, para pemain Timnas Senior juga turut mengikuti tes tersebut.

PSSI Siapkan Para Pemain Timnas U-19 dengan Tes Kesehatan

Dokter Syarif menjelaskan, tes hari ini merupakan yang keempat dijalani para pemain.
''Sebelum berangkat, mereka menjalani tes di daerah masing-masing, kemudian di lokasi TC ini, para pemain sudah melakukan sekali rapid test dan dua kali swab test,'' kata dia.
Sebelum bertolak ke Korea Selatan, Timnas U-19 akan menjalani latihan di Stadion Madya, Jakarta Pusat, pada 1 hingga 8 Agustus 2020. TC ini diperuntukkan untuk dua kepentingan.
ADVERTISEMENT
Timnas U-19 untuk menyongsong Piala Asia U-19. Sementara Timnas Senior untuk Pra Piala Dunia 2022.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white