kumparan
28 Juli 2018 19:59

Resmi: Osorio Mundur dari Timnas Meksiko

Juan Carlos Osorio
Juan Carlos Osorio, pelatih Meksiko. (Foto: REUTERS/Marko Djurica)
Tim Nasional (Timnas) Meksiko harus membuka lembaran baru tanpa kehadiran Juan Carlos Osorio setelah Piala Dunia 2018.
ADVERTISEMENT
Bersama Osorio, El Tri sebenarnya menorehkan prestasi cukup apik dalam turnamen di Rusia. Rafael Marquez dan kolega sempat mengalahkan Jerman di fase grup sebelum melangkah ke babak gugur sebagai runner-up Grup F. Baru di 16 besar, langkah Meksiko terhenti. Mereka takluk 0-2 dari Brasil.
Termasuk empat laga di Piala Dunia 2018, Osorio sudah menjalani 52 pertandingan dalam tiga tahun masa baktinya bersama Timnas Meksiko. Catatannya cukup apik karena membuahkan 33 kemenangan. Karena itu, Federasi Sepak Bola Meksiko (FMF) menyodorkan pembaruan terhadap kontraknya yang habis pada musim panas 2018.
Gayung tak bersambut. Sosok 57 tahun menolak sekaligus meninggalkan kursi pelatih Meksiko.
Juan Carlos Osorio
Pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)
"Saya mengucapkan terima kasih secara tulus kepada federasi, pekerja di Cento de alto Rendimiento (tempat pemusatan latihan Meksiko), dan terutama para pemain yang menghabiskan waktu bersama saya. Selama di sini, saya menjalaninya dengan komitmen, hasrat, dan rasa bangga," tutur Osorio dalam pernyataan yang dirilis oleh FMF.
ADVERTISEMENT
"Atas nama pribadi dan jajaran pelatih, saya juga menuturkan terima kasih kepada semuanya atas pengalaman yang unik dan tak tergantikan ini," katanya mengimbuhkan.
Juan Carlos Osorio
Instruksi Osorio di laga vs Jerman. (Foto: REUTERS/Axel Schmidt)
Seiring pengunduran diri Osorio, FMF tentu harus mencari sosok suksesor untuk menangani Carlos Vela dan kawan-kawan. Untung saja, mereka tidak diburu waktu lantaran tak ada agenda krusial pada sisa 2018. Meksiko hanya dijadwalkan melakoni sejumlah laga uji coba.
Turnamen penting baru dijalani Meksiko pada 2019. Mereka bakal mengarungi edisi ke-15 dari Gold Cup atau turnamen antarnegara anggota CONCACAF. Sebagai tim tersukses di turnamen ini dengan raihan tujuh gelar juara, Meksiko tentu membidik target kampiun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan