Bola & Sports
·
17 September 2020 15:31

Ronald Koeman Tak Bisa Pimpin Barcelona di Laga Perdana Liga Spanyol, Kenapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ronald Koeman Tak Bisa Pimpin Barcelona di Laga Perdana Liga Spanyol, Kenapa? (78022)
Ronald Koeman, pelatih anyar Barcelona. Foto: AFP/Gabriel Bouys
Pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman, rupanya belum bisa mendampingi timnya pada laga pekan pertama Liga Spanyol. Sebab, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) belum secara resmi menghapus nama Quique Setien dari daftar juru taktik Blaugrana.
ADVERTISEMENT
Setien sebenarnya sudah dipecat Barcelona tak lama setelah kekalahan memalukan 2-8 dari Bayern Muenchen, Agustus 2020 lalu. Ronald Koeman kemudian ditunjuk sebagai penggantinya.
Pelatih asal Belanda itu mendapat kontrak hingga Juni 2022. Dari sisi hukum, tidak ada masalah yang terjadi dan Koeman pun sudah memulai tugasnya sebagai pelatih.
Koeman telah menjalani dua laga uji coba bersama Barcelona, yakni kontra Gimnastic Taragona dan Girona. Pria berusia 57 tahun itu sukses membawa timnya menang di dua laga tersebut.
Meski demikian, Marca melaporkan bahwa Koeman belum bisa memimpin klub yang bermarkas di Camp Nou itu dalam sebuah pertandingan resmi. Pasalnya, dokumen pergantian pelatih Barcelona belum diproses oleh RFEF.
Ronald Koeman Tak Bisa Pimpin Barcelona di Laga Perdana Liga Spanyol, Kenapa? (78023)
Ronald Koeman saat memimpin tim. Foto: John MACDOUGALL / AFP
Dikabarkan bahwa masih ada masalah yang belum selesai antara pihak Blaugrana dengan Setien. Keduanya belum sepakat soal paket pesangon. Alhasil, Federasi Sepakbola Spanyol itu masih menganggap Setien sebagai pelatih Barcelona yang sah secara tertulis.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, Koeman kemungkinan bakal absen saat El Barca menjamu Villarreal di laga pertama Liga Spanyol 2020/21, Minggu (27/9/2020) dini hari WIB.
Namun, masih ada waktu yang cukup panjang bagi Barcelona untuk membereskan masalah tersebut. Di sisi lain, mereka akan bertemu Elche pada laga Trophy Joan Gamper pada Minggu (20/9/2020) malam WIB. Koeman tentu tetap bisa mendampingi tim karena status duel ini adalah laga ekshibisi.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona