kumparan
16 Juni 2018 3:08

Ronaldo 'Hat-trick', Portugal Tahan Imbang Spanyol

Spanyol vs Portugal
Portugal vs Spanyol. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Kejar-kejaran skor menghiasi laga antara Tim Nasional (Timnas) Portugal dan Spanyol pada matchday pertama Grup B Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB. Namun, tak ada pemenang di Fisht Stadium karena kedua tim bermain imbang 3-3.
ADVERTISEMENT
Cristiano Ronaldo kembali menjadi penyelamat Portugal dengan menorehkan hat-trick (4', 44', 88'). Sementara itu, tiga gol Spanyol masing-masing dicetak oleh Diego Costa (24',55') dan Nacho Fernandez (58').
Seperti yang sudah dikatakan pelatih Fernando Hierro, tak ada perubahan dari Spanyol. Dia tetap menerapkan formasi 4-3-3. Diego Costa sebagai juru gedor diapit oleh David Silva dan Isco, sedangkan trio Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan Koke menjadi metronom di lini kedua.
Skema ini direspons Fernando Santos dengan menerapkan pakem andalan Portugal, 4-4-2. Cristiano Ronaldo dan Goncalo Guedes didapuk sebagai duo penyerang. Turun ke bawah, kuartet gelandang diisi oleh Joao Moutinho, Wiliam Carvalho, Bruno Fernandes, dan Bernando Silva.
Diprediksi bakal mengandalkan serangan balik dan lebih banyak menunggu, Portugal memberikan kejutan dengan berani menguasai bola lebih lama dan menerapkan umpan-umpan kombinasi. Bermodalkan kualitas individu lini serang, Portugal langsung menebar ancaman ke pertahanan Spanyol.
ADVERTISEMENT
Strategi ini menuai hasil ketika laga berjalan empat menit. Ronaldo melakukan dribel ke dalam kotak penalti Spanyol, kemudian diganjal oleh Nacho Fernandez. Tanpa ragu, wasit pun menunjuk titik putih. Ronaldo yang jadi eksekutor tanpa kesulitan menaklukkan David de Gea.
Merespons kebobolan pada menit awal, 'Matador' mulai mengatur ulang tempo pertandingan dengan menerapkan umpan-umpan pendek andalan mereka. Hasilnya, Spanyol mendapat dua peluang bagus lewat sepakan Silva, tetapi tak ada yang mengarah ke gawang Rui Patricio.
Upaya penyerangan Spanyol akhirnya berbuah gol lewat Costa pada menit ke-24. Berawal dari umpan panjang Busquets dari daerah pertahanan sendiri, Costa berhasil mendapatkan bola dan melepaskan tembakan menyusur tanah ke sudut sempit yang tak bisa dijangkau Patricio.
ADVERTISEMENT
Usai menyamakan kedudukan, Spanyol bermain lebih lepas dan aliran bola dari kaki ke kaki mulai lancar. Sebaliknya, Portugal justru tertekan juga hampir kembali kebobolan seandainya tembakan voli Isco tak membentur mistar pada menit ke-26. Sembilan menit berselang, giliran sontekan Iniesta yang masih tipis di sisi gawang.
Saat babak pertama dirasa bakal berakhir dengan skor imbang, De Gea malakukan blunder pada menit ke-44. Berawal dari sepakan kaki kiri Ronaldo dari luar kotak penalti tidak bisa ditangkap dengan sempurna oleh De Gea, bola pun berbelok ke dalam gawang. Spanyol masuk ruang ganti dengan tertinggal 1-2.
Timnas Spanyol
Para pemain Spanyol merayakan gol. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)
Memulai babak kedua dengan kondisi tertinggal membuat Spanyol langsung tancap gas sejak menit pertama. Iniesta, Busquets, dan Isco lebih hidup dalam mengalirkan bola serta mengatur tempo. Namun, penguasaan bola ini tak diiringi dengan serangan yang berbuah pecobaan. Justru Portugal yang mendapat peluang lewat sepakan Fernandes.
ADVERTISEMENT
Sepuluh menit babak kedua berjalan, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan lewat Costa yang mencetak gol keduanya di laga ini. Berawal dari tendangan bebas Slva yang diarahkan ke kotak penalti Portugal, Busquets menyundul bola dan mengarahkannya ke mulut gawang. Satu sentuhan, Costa mendorong bola masuk ke gawang.
Berselang tiga menit dari gol tersebut, Nacho mengambil skenario from zero to hero. Ya, bek yang menyebabkan Spanyol tertinggal lewat gol penalti Ronaldo ini membayar kesalahannya dengan tembakan voli dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok gawang Portugal.
Merespons ketinggalan, Santos melakukan beberapa pergantian pada 15 menit terakhir. Dia memasukkan Joao Mario, Ricardo Quaresma, dan Andre Silva untuk menambah daya gedor. Spanyol pun melakukan hal serupa dengan memainkan Lucas Vazquez, Thiago Alcantara, dan Iago Aspas.
ADVERTISEMENT
Tanpa sosok kunci macam Andres Iniesta dan Costa yang ditarik keluar, Spanyol kurang menggigit. Mereka malah kecolongan pada menit ke-88. Sang antagonis tak lain adalah Ronaldo, yang melepaskan tendangan bebas dari jarak 25 meter. Bola yang bermukim di pojok atas gawang gagal dijangkau oleh De Gea.
Hasil 3-3 menutup pertandingan ini. Dengan begitu, Spanyol dan Portugal bertengger di posisi kedua Grup B dengan raihan masing-masing satu poin. Kedua tim terpaut dua angka dari Iran di puncak tabel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan