kumparan
26 Oktober 2018 20:41

Saatnya United Rehatkan Lukaku?

Lukaku kecewa berat United kalah. (Foto: Reuters/David Klein)
Keran gol Romelu Lukaku tengah bermasalah. Dalam total 11 penampilannya untuk Manchester United pada musim ini, striker berkebangsaan Belgia itu hanya mencetak 4 gol. Jika ditelisik lebih jauh, Lukaku sama sekali tak mencetak gol dalam delapan laga yang telah dilakoni The Red Devils.
ADVERTISEMENT
Lantas, apakah ini sudah waktunya untuk merehatkan Lukaku? Menurut Jose Mourinho, belum. Sosok yang telah menjadi manajer United sejak musim panas 2016 ini berujar jika tidak ada striker lain yang memiliki kualitas setara dengan mantan striker Everton itu.
“Jika saya memutuskan untuk merehatkan Lukaku, siapa yang harus bermain sebagai striker? Oke, Rashford mungkin bisa. Lalu, jika Rashford jadi striker, siapa yang menjadi winger?” tanya manajer kelahiran Setubal itu, dilansir Manchester Evening News.
“Jadi, dalam situasi ini, kami tak berada di momen terbaik untuk memikirkan siapa yang harus direhatkan. Satu-satunya solusi, ya, memainkan pemain yang kami miliki saat ini,” imbuhnya.
Mourinho benar. Di skuat United saat ini, tidak ada striker yang bisa melakukan apa yang Mourinho mau kecuali Lukaku. Terlepas dari keran golnya yang mandek, kontribusi Lukaku terhadap bertahan dan menyerang sebenarnya masih terasa.
ADVERTISEMENT
WhoScored mencatat, Lukaku biasa melakukan 0,7 umpan kunci per laga dan telah membukukan satu assist dalam lintas kompetisi. Dalam urusan bertahan, Lukaku bisa melakukan 0,3 tekel, 0,7 sapuan dan 0,1 intersep per laga. Ini tentu belum menghitung pergerakan tanpa bolanya yang begitu apik.
Romelu Lukaku gaga taklukkan Neto. (Foto: REUTERS/Phil Noble)
Selain itu, kondisi skuat United saat ini tak begitu sehat. Alexis Sanchez masih dalam tahap pemulihan cedera pasca membela Timnas Cile di jeda internasional edisi Oktober. Memang, Jesse Lingard baru saja pulih dari cedera yang dia derita saat membela Timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Namun, jelas Lingard masih butuk waktu untuk kembali ke performa puncaknya.
Khusus untuk mencetak gol, Mourinho yakin Lukaku akan segera mencetak gol. Setelah puasa golnya tuntas, striker kelahiran Antwerp itu akan menjadi mimpi buruk lawan-lawan tim yang bermarkas di Old Trafford itu.
ADVERTISEMENT
“Saya selalu merasa Lukaku akan segera mencetak gol kembali. Setiap laganya. Suatu hari, dia akan akan benar-benar melakukannya dan ketika itu terjadi, kepercayaan dirinya akan kembali normal. Dia harus bisa melihat jika di setiap laga, ada kesempatan untuknya mencetak gol,” pungkas Mourinho.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan