Bola & Sports
·
16 Oktober 2020 17:50

Salip MU, Tottenham Jadi Klub Paling Populer di Korsel Gegara Son Heung-min

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Salip MU, Tottenham Jadi Klub Paling Populer di Korsel Gegara Son Heung-min (15421)
Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-min saat tampil melawan Southampton pada lanjutan Premier League di St Mary's Stadium, Southampton, Inggris. Foto: Catherine Ivill/REUTERS
Son Heung-min ternyata membawa efek dahsyat bagi Tottenham Hotspur di tanah kelahirannya, Korea Selatan. Hal itu setelah Spurs dinobatkan sebagai klub sepak bola luar negeri paling populer di 'Negeri Ginseng'.
ADVERTISEMENT
Diwartakan Reuters, fakta itu berdasarkan data dari Nielsen Fan Insights. Menurut Nielsen, dukungan masyarakat Korsel terhadap Spurs meningkat drastis setelah Son bergabung pada 2015 silam.
Dalam ilustrasi grafis yang menampilkan daya jual pemain bintang, Spurs berhasil melewati baik Arsenal, Chelsea, Real Madrid, Barcelona sebelum melewati MU pada akhir 2018.
Sejak saat itu, The Lilywhites jadi klub paling populer di Korsel dengan 21,4 persen dukungan dari warga setempat dengan rentang usia dari 16 sampai 69 tahun, atau sekitar 11 juta fans. Dukungan tersebut unggul jauh dari klub Premier League lainnya, Manchester United, yang menempati posisi kedua dengan 6,1 % dukungan.
“Popularitas Tottenham Hotspur di Korsel menunjukkan dampak positif dari pemain bintang terhadap dukungan pada suatu klub. Belum lagi, pasarnya berada di belahan dunia lain,” ujar Direktur Manajemen Internasional di Nielsen Sports, Marco Nazzari.
Salip MU, Tottenham Jadi Klub Paling Populer di Korsel Gegara Son Heung-min (15422)
Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-min dan Harry Kane saat tampil melawan Southampton pada lanjutan Premier League di St Mary's Stadium, Southampton, Inggris. Foto: Justin Tallis/REUTERS
Dukungan pada MU di Korsel sendiri sebelumnya datang dari seorang pemain bintang lokal. Kehadiran gelandang legendaris  Park Ji-sung di Old Trafford pada 2005 silam tentu memantik animo dari masyarakat setempat terhadap Liga Inggris.
ADVERTISEMENT
Meski Park memenangi Liga Champions serta empat titel Liga Inggris selama tujuh tahun di MU, ia kini tak lagi jadi pemain paling populer di negaranya menyusul pensiunnya. Profil individu Son--yang juga pewaris nomor 7 dan ban kapten Park di tim nasional-- berhasil membuatnya jadi pemain Korsel paling populer.
Torehan 59 gol dari 164 pertandingan milik Son tentu bukan catatan yang bisa dipandang remeh. Belum lagi, bulan lalu pemain 28 tahun ini  jadi pemain Asia pertama yang berhasil mencetak empat gol dalam satu pertandingan di kasta tertinggi sepak bola Inggris.
Salip MU, Tottenham Jadi Klub Paling Populer di Korsel Gegara Son Heung-min (15423)
Son Heung-min tampil di Aian Games 2018 Foto: Djulli Pamungkas/Antara
Kepopuleran Son juga terbantu dengan pensiunnya figur skater Kim Yuna dan perenang Park Tae-hwan. Oleh karena itu, bisa dipastikan wajah Son dan gol-gol yang ia buat bersama Spurs masih akan menghiasi iklan-iklan serta TV di Korea Selatan dalam waktu dekat. 
ADVERTISEMENT
Penulis: FM Aditomo