kumparan
search-gray
Bola & Sports28 Mei 2020 6:57

Saran Pelatih Persib untuk Liga 1: Kalender Pertandingan seperti Kompetisi Eropa

Konten Redaksi kumparan
Robert Rene Alberts,  Persib
Pelatih Persib, Rene Alberts, dalam sesi jumpa pers. Foto: Dok. Media Persib
Jadi atau tidaknya Liga 1 2020 berlanjut memang masih tanda tanya. Kendati begitu, Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, berharap kompetisi bisa berlanjut.
ADVERTISEMENT
Alberts adalah sosok yang cukup vokal mengomentari berbagai isu di sepak bola nasional. Sudah menjadi kebiasaannya beropini dan menawarkan solusi manakala ada problem.
Ia bahkan tak ragu beropini soal Persib, yang notabene merupakan tempatnya bekerja. Tatkala ada kabar ‘Maung Bandung’ bakal menggelar latihan kembali, Alberts menyumbang saran kepada manajemen mengenai skenario latihan yang aman di tengah pandemi.
Kini, Alberts berbicara soal penangguhan Liga 1. Sekalipun berharap bahwa kompetisi musim ini berlanjut, pria asal Alberts itu tetap realistis. Ia paham bahwa bisa saja kompetisi musim ini berhenti sama sekali.
Namun, kalau penghentian kompetisi itu terjadi, ia menawarkan solusinya.
Persib
Para pemain Persib merayakan kemenangan. Foto: Dok. Persib
“Kami berharap dan berpikir positif PSSI akan mengambil keputusan liga akan dimulai lagi pada Juli, seperti yang tertuang dalam surat tertanggal 27 Maret,” kata Alberts di laman Simamaung.
ADVERTISEMENT
“Jika PSSI mengambil kesimpulan liga akan berhenti, kami berharap ada kebaikan dari PSSI agar liga tetap dilanjutkan nanti, misalnya pada Agustus dan liga bisa berlanjut hingga tahun depan antara bulan April atau Mei.”
“Jadi jika diputuskan liga (musim ini) berhenti, kami harap (liga musim berikutnya) dimulai lagi pada Agustus dan berlanjut hingga April atau Mei tahun depan. Lalu musim berikutnya nanti dimainkan pada Agustus 2021 dan berjalan seperti sistem di Eropa,” ujarnya.
Robert Rene Alberts
Robert Rene Alberts, pelatih Persib. Foto: Dok. Media Persib
Keputusan nasib kompetisi sendiri masih menunggu hingga 29 Mei, sesuai dengan status darurat dari BNPB. Setelah melihat keputusan BNPB, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), selaku operator kompetisi, memiliki beberapa opsi.
Apabila keputusan pada 29 Mei itu menyatakan kegiatan tidak bisa bergulir, kompetisi berhenti. Namun, jika dinyatakan bisa bergulir, PSSI berencana melangsungkan kompetisi kembali pada 1 Juli.
ADVERTISEMENT
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!