kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juni 2020 14:20

Sebuah Klaim: Arthur Melo Akan Klop dengan Tim Juventus Maurizio Sarri

Konten Redaksi kumparan
PTR-Arthur Melo
Pemain FC Barcelona, Arthur Melo. Foto: Pau BARRENA / AFP
Juventus resmi menebus Arthur Melo dari Barcelona dengan banderol 72 juta euro plus bonus 10 juta euro. Itu membikin si gelandang asal Brasil menjadi pembelian termahal ke-4 dalam sejarah klub yang kini diasuh Maurizio Sarri itu.
ADVERTISEMENT
Wah, enggak salah tuh Juventus menggelontorkan dana sebegitu besar untuk merekrutnya? Memangnya, Arthur bakal cocok dengan taktiknya Sarri?
Well, ada sebuah klaim yang menyebut bahwa pemain 23 tahun itu akan klop dengan skuat Bianconeri. Yang bilang begitu adalah mantan pelatih Selecao, Luiz Felipe Scolari.
"Sejak berusia 18 tahun, dia sudah bisa bermain dengan penuh percaya diri. Dia bisa mengoper bola dengan cepat, menghindarkan dirinya dan orang yang akan diopernya dari penjagaan lawan," katanya kepada La Gazzetta dello Sport, dilansir Football Italia.
Luiz Felipe Scolari
Luiz Felipe Scolari. Foto: Toru YAMANAKA/AFP
"Fisiknya enggak begitu kuat, tetapi dia bisa mengatasinya berbekal pemahamannya terhadap pemosisian diri."
"Menurutku, peran idealnya adalah sebagai gelandang kedua yang mendistribusikan bola. Dia bukan deep-lying playmaker tradisional atau trequartista di belakang striker," lanjutnya.
Oke, kami perjelas. Maksud Scolari itu mungkin adalah Arthur cocok jadi pemain nomor 8. Ya, itu memang posisinya di Blaugrana, di mana dia biasa diduetkan dengan Frenkie de Jong, Arturo Vidal, maupun Ivan Rakitic untuk mengapit Sergio Busquets di pos nomor 6.
Arthur Melo
Pemain FC Barcelona, Arthur Melo. Foto: OSCAR DEL POZO / AFP
ADVERTISEMENT
Walau begitu, Arthur juga sebetulnya cukup potensial jika disuruh menjadi kreator serangan. Sekilas, ada 'aura' Xavi/Andres Iniesta dalam permainannya.
"Arthur mampu memainkan satu atau dua sentuhan, sehingga Sarri adalah pelatih yang sempurna baginya untuk mengekspresikan diri. Menurutku, ini akan menjadi perpaduan yang indah," kata Scolari.
"Arthur sudah menjadi pemain top, aku tidak ragu. Jika tidak, mana mungkin dia bisa bermain untuk Barcelona dan Juventus pada usia 23 tahun. Jangan bilang dia tak konsisten di Barca, dia hanya perlu perubahan dan mungkin Juve adalah tempat yang lebih baik untuknya," pungkasnya.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white